Adkasi Gelar Pertemuan Akbar di Batam

:


Oleh MC Kota Batam, Jumat, 11 Maret 2016 | 16:53 WIB - Redaktur: Tobari - 348


Batam, InfoPublik - Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) menggelar workshop, seminar dan rapat koordinasi wilayah se Sumatera, dari 11 hingga 12 Maret, di GGI Hotel, Kota Batam.  

Pertemuan itu diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan untuk mengsinergikan lembaga legislatif dan eksekutif di daerah.  

Dirjen Bina Keuangan Daerah Reydonnyzar Moenek sangat mengapresiasi adanya pertemuan Adkasi wilayah Sumatera ini. Pertemuan itu menjadi wadah untuk menyampaikan peran dan fungsi DPRD.  

"Kami sangat mengapresiasi rakor kewilayahan ini. Diharapkan nanti mereka merekomendasikan rumusan kebijakan terkait penguatan kedudukan mereka di pemerintah daerah," katanya, usai membuka acara tersebut, Jum’at (11/3).  

Ia menjelaskan, selama ini aturan memang sudah ada. Tapi bagaimana sosialisasi terus dilakukan guna membangun pemerintah daerah dan DPRD menjadi mitra strategis. "Mereka satu kotak, unsur penyelenggara daerah. Fungsi dan kewajibanya ada," katanya.  

Gubernur Kepri HM Sani dalam sambutan tertulisnya mengatakan, sinergtas antara DPRD dan pemerintah mutlak diperlukan untuk menjalankan roda pemerintahan yang efektif. 

"Sinergi bisa berjalan efektif bila ada pemahaman, pola pikir yang sama tentang pembangunan daerah,"katanya.(MC Batam Taslimahudin/toeb)