Karlahut Di Bengkalis Mengarah Ke Kebun Sawit Dan Pondok Warga

:


Oleh Prov. Riau, Selasa, 5 April 2016 | 10:50 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 508


Bengkalis, InfoPublik - Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang terjadi di Jalan H Ilyas, Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis, terus meluas dan sudah menyatu dengankebakaran yang terjadi di Jalan Lintas Air Putih-Bantan atau samping rumah Sekda.

Akibatnya, kebun sawit dan pondok-pondok petani kini mulai terancam.Kepal BPBD-Damkar Kabupaten Bengkalis, Muhammad Djalal melalui Kabid Damkar, Suiswantoro, Senin, (4/4) mengabarkan, kondisi Karlahut terus membesar dan kini mengarah perkebunan sawit dan pondok-pondok pemilik kebun.Dikatakan, regu pemadam yang diturunkan berusaha sekuat tenaga agarapi tidak sampai meluluhlantakkan perkebunan sawit dan pondok-pondokpetani.

“Regu pemadam sudah berada di lokasi, sekarang sedang membentang slang-slang air untuk mencegah agar api tidak sampaimembakar lahan sawit dan pondok petani. Sumber api dari lokasikebakaran sekitar 400  meter,” sebut Suiswantoro.   

Kondisi cuaca yang cukup panas ditambah hembusan angin membuatlangkah-langkah pemadaman sulit dilakukan, terlebih sumber air darilokasi kebakaran sangat jauh. “Target utama kita menyelamatkanpondok-pondok milik petani juga lahan perkebunan produktif milikmasyarakat,” sebutnya.

Ditanya lokasi kebakaran lainnya, menurut Suis Karlahut di desaKembung Baru perbatasan dengan desa Pematang Duku Timur ditangani olehRPK PT RRL, kendati karlahut belum bisa dipadamkan total. “Sedangkankebakaran di lokasi perkuburan juga di Desa Kembung Baru sudahberhasil kita jinakkan,” ujarnya.

Selain di Pulau Bengkalis, Karlahut juga terjadi di sejumlah Kecamatan lainnya, antara lain di Kecamatan Mandau, terjadi dua lokasi kebakaran, di desa Pematang Pudu danPetani, saat ini upaya pemadaman sedang dilakukan.

Sementara di Pinggir juga terjadi kebakaran di Pematang Ibut. Di Kecamatan Rupat, kebakaran terjadi di Desa Sri Tanjung, KecamatanSiak Kecil kebakaran terjadi di desa Tanjung Damai.

“Untuk di Pakningbelum terpantau adanya kebakaran, namun abu sisa kebakaran sangat banyak di Desa Dompas, diperkirakan abu-abu tersebut sida kebakaran dipulau Padang Meranti, karena kabarnya sekarang sedang dilakukan waterbooming di sana, sehingga abunya beterbangan,” ujarnya.(MC Riau/man/eyv)