Wakil Ketua DPR RI Dukung Penulisan Buku Sejarah Tidore

:


Oleh mctidore, Sabtu, 14 Mei 2016 | 09:49 WIB - Redaktur: Tobari - 402


Tidore, InfoPublik - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mendukung penulisan buku sejarah Tidore dan menyatakan siap menjadi sponsor. Hal ini disampaikan Fahri Hamzah di sela-sela kunjungannya di Kadaton Kesultanan Tidore, Kamis (12/5) .

”Saya siap mendukung dan membantu, bahkan siap menjadi sponsor. Kalau bisa, buku tersebut dicetak di Jakarta dan saya siap mengundang media massa nasional untuk meliput lounching buku tersebut,” kata Fahri Hamzah.

Menurut Fahri, langkah ini dilakukan agar masyarakat Indonesia lebih tahu sejarah perjuangan Kesultanan Tidore dalam menjaga keutuhan NKRI. Nama besar dan sejarah lampau Tidore yang gemilang tidak boleh dilupakan oleh generasi masa kini.

Dikatakan Tidore menjadi tempat yang luar biasa, karena menjadi pilar pembentukan NKRI. "Budaya dan sejarah kerajaan (kesultanan Tidore) ini merupakan khasanah kebangsaan kita yang paling bernilai dan berharga, maka dari itu patut untuk kita lestarikan dan kembangkan," ujarnya.

Sejarah dan budaya Tidore harus sering diekspos keluar, sehingga orang-orang di luar mengetahui kontribusi Tidore terhadap NKRI itu benar adanya. Nusantara menjadi begitu besar karena tidak terlepas dari peran Tidore, sehingga Tidore berhak mendapatkan lebih dari apa yang dimiliki sekarang ini.

“Papua bisa menjadi daerah otonomi khusus kenapa Tidore tidak. Oleh karena itu, saya dukung penuh penulisan buku tentang Sejarah Tidore yang ditulis oleh Jojau Kesultanan Tidore", Ujarnya.

Dukungan tentang penulisan buku sejarah Tidore ini disampaikan Fahri setelah mendengar penjelasan Jojau (Perdana Menteri) Kesultanan Tidore Amin Faruk tentang upaya dan kerja kerasnya sejak dahulu, untuk menuliskan sejarah dan masa keemasan Tidore belum bisa terwujud hingga kini.

Amin Faruk yang mendengar dukungan Wakil Ketua DPR RI tersebut menyampaikan terima kasih dan menyatakan kesediaannya untuk merampungkan kembali naskah penulisan sejarah Tidore yang telah dibuatnya. “Ini merupakan sebuah penghargaan serta kehormatan karena mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPR RI,” kata Amin Faruk.

Usai bertatap muka dengan jajaran Kesultanan dan Pemda Kota Tidore Kepulauan di Kedaton Kesultanan Tidore, Fahri Hamzah menyampatkan waktu mengunjungi sekaligus memberikan kuliah umum di Universitas Nuku Tidore.  (mc tidore/humas/toeb)