Kebijakan Pemerintah Didiseminasi Melalui Seni Budaya Sunda

:


Oleh MC Kabupaten Bogor, Senin, 30 Mei 2016 | 09:31 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 750


Cibinomg, InfoPublik - Wayang Golek dan Reog Calung meriahkan dalam rangka menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-534 Kabupaten Bogor. Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor menggelar Diseminasi Informasi Melalui Media Tradisional Pagelaran Wayang Golek dan Calung/Reog Tahun 2016.

Kepala Bidang KIP, Erwin Surjana mengatakan pagelaran wayang golek, calung dan Reog dipersembahkan kepada masyarakat luas melalui program tahunan Diskominfo Kabupaten Bogor dalam rangka menyosialisasikan kebijakan - kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Bogor dengan metode penyampaian seni budaya.

"Dalang dan Pemain Calung tidak hanya menghibur melalui pagelaran seni dan budaya ini, melainkan pula lakon dan keseniannya disisipkan pesan - pesan  25 penciri Kabupaten Bogor Termaju di Indonesia," paparnya. Sabtu Malam, (28/5), di Halaman Kantor Diskominfo Kabupaten Bogor.

Tak hanya itu, lanjut dia, pergeraran seni budaya ini juga menyampaikan pesan kepada masyarakat terhadap internet sehat, bahaya penyalahgunaan narkoba, kekerasan dalam rumah tangga, keamanan lingkungan dan ketertiban umum, serta pesan kebijakan Pemerintah yang tengah digencarkan.

Dirinya berharap dengan adanya pagelaran seni budaya Sunda ini dapat turut melestarikan kesenian dan kebudayaan leluhur serta pemahaman kepada masyarakat terkait hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Warga Negara Indonesia yang bermukim di wilayah Bumi Tegar Beriman.

Pagelaran wayang golek menampilkan lakon Badra Lewo oleh Ki Dalang Den Gala, dan hiburan calung dan Reog dari Sanggar Bentang Katresna pimpinan Agus Beben, serta Kidung Milangkala Bogor Ka 534 Taun oleh Ki Apendi.

Acara serupa juga di gelar Diskominfo Kabupaten Bogor di wilayah Kecamatan Cibinong, Cariu, Tenjolaya, dan Rancabungur dihadiri para undangan yang terdiri dari seniman, budayawan, Muspika setempat dan masyarakat. (MC.Kab .Bogor/als/eyv)