TNI AU Akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Pinrang

:


Oleh MC Kabupaten Pinrang, Senin, 30 Mei 2016 | 10:05 WIB - Redaktur: Tobari - 970


Pinrang, InfoPublik – TNI Angkatan Udara (TNI AU) berencana akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berlokasi di areal Lapangan Terbang TNI AU Desa Malimpung Kecamatan Duampanua, untuk mendukung program pemerintah yakni proyek 37.000 MW.

Hal ini dimaksudkan untuk pemanfaatan Aset TNI AU yang memiliki luas 294 hektare yang merupakan lapangan terbang peninggalan Belanda dan Jepang, yang kini masuk ke dalam aset TNI AU.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Asisten Operasi KSAU Marsekal Muda TNI Barhim meninjau lokasi Lapangan Terbang Malimpung, belum lama ini, sebagai langkah awal pelaksanaan pembangunan PLTS ini.

Menggunakan heli jenis Super Puma, Barhim mendarat di Lapangan Terbang Malimpung  dan disambut oleh Sekretaris Daerah Kab. Pinrang Drs.Syarifuddin Side, M.Si, MH bersama beberapa unsur Forkopimda Kabupaten Pinrang.

Dalam sambutan penerimaannya, Syarifuddin Side mengungkapkan rasa bangganya karena Pinrang dari sekian banyak daerah terpilih sebagai lokasi pembangunan PLTS ini.

Syarifuddin Side mengatakan bahwa ini adalah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Pinrang, adanya PLTS yang akan dibangun, diharapkan dapat  membantu masyarakat dalam hal pasokan energi listrik.

Sementara itu, Marsekal Muda TNI Barhim mengungkapkan bahwa, pemanfaatan aset TNI AU berupa lapangan terbang Malimpung adalah salah satu bentuk dukungan kepada Proyek Presiden Jokowi dalam hal memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat.

Ia mengungkapkan bahwa, dengan luas areal 290 hektare serta dilalui oleh garis lintasan matahari, Lapangan Terbang Malimpung sangat tepat sebagai lokasi pembangunan PLTS.

PLTS yang akan dibangun mampu menghasilkan energi listrik sebesar 190 MW yang dapat memenuhi pasokan listrik terutama di Pinrang, Sulawesi selatan.  (iar/sar/herman ch/alhim mc pinrang/toeb)