Baznas Tanah Datar Serahkan Bantuan Pada Lulusan PTN

:


Oleh MC Kab Tanah Datar, Senin, 30 Mei 2016 | 10:41 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 557


Tanah Datar, InfoPublik - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menyerahkan bantuan dana kepada calon mahasiswa yang lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Untuk tahap pertama ini, kami menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 48 juta lebih bagi 20 orang dari 92 proposal yang masuk dan telah selesai disurve, kata Ketua Bagian Keuangan Baznas Tanah Datar, Warnelis Watman di Pagaruyung, Jumat ,(27/05).

Ia menyebut proposal yang masuk Baznas Tanah Datar yang sudah selesai berdasarkan survei baru 20 orang dan sudah bisa diserahkan dananya berkisar antara Rp1 juta sampai Rp 4 juta.Dirinya menambahkan standar zakat bagi PNS minimal penghasilan di atas Rp3 juta dan sudah dapat dikeluarkan zakatnya 2,5 persen.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma mengapresiasi Baznas Tanah Datar yang telah ikut mencerdaskan generasi penerus bersama instansi terkait seperti Kantor Kemenag dan Dinas Pendidikan.

"Pemerintah Daerah (Pemda) sangat terbantu dengan program Baznas di bidang pendidikan ini, sehingga Tanah Datar mendapat predikat terbaik di Sumbar kategori pengelola pendidikan," katanya.

Wabup berharap kepada orangtua untuk selalu mengawasi pendidikan anak-anaknya, jangan sampai terlibat Narkoba atau pergaulan bebas. "Hal ini sudah menjadi tekat kita bersama, memberantas Narkoba dan penyakit masyarakat (Pekat) di Tanah Datar," sebutnya.

Kepala Kemenag Tanah Datar, Malikia juga mengapresiasi atas prestasi Baznas Tanah Datar yang mendapat peringkat terbaik di Sumbar dalam hal pengelolaan zakat.

Ia menjelaskan pengelolaan zakat sebagian besar yang dialokasikan untuk pendidikan sangat berdampak terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di Tanah Datar dan sangat membantu bagi keluarga miskin.

Kepada calon mahasiswa ia mengharapkan untuk selalu mendoakan orang-orang yang telah menzakatkan sebahagian hartanya ini, sehingga dapat meringankan beban para orangtua yang tergolong ekonomi lemah untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. (MC.Tanah Datar/Eyv)