Rakor Tiga Menteri Bahas Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan

:


Oleh Baheramsyah, Selasa, 31 Mei 2016 | 23:52 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 422


Jakarta, InfoPublik - Tiga menteri menggelar rapat koordinasi mengenai ketersediaan pangan nasional jelang bulan puasa dan lebaran. Tiga menteri tersebut antara lain Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, dalam rakor dibahas mengenai kesiapan pasokan bahan pangan yang selama ini membuat harga selalu naik selama puasa dan lebaran.

Rakor inipun menurutnya untuk mensinergikan tugas di tiap-tiap kementerian mengenai tugas masing-masing selama bulan Ramadhan hingga Lebaran.

"Kita akan bahas kesiapan pangan, termasuk ketersediaannya, harganya. Bukan hanya soal sapi tapi semua (komoditas) termasuk bawang, beras dan lain-lainnya," kata Mentan Amran di Gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (31/5).

Amran menambahkan, dalam rakor yang dihadiri Menteri Perdagangan, Menteri BUMN, Kepada Badan Meterologi, Perum Bulog dan pejabat terkait, ditetapkan seluruh target dan telah disepakati bagaimana menetapkan harga bahan pangan.

“Dalam rapat tadi kita koordinasi kesiapan pasokan bahan pangan pokok. Kita lakukan sinergi dan melakukan kewenangannya masing-masing. Berdasarkan hasil rapat kita target dan telah disepakati, bagaimana upaya pemenuhan kebutuhan dan tingkat keuntungan produsen, peternak, petani dan harga wajar ditingkat konsumen,” jelasnya.