BNPB: Tidak Ada Korban Jiwa Semburan Gas Balikpapan

:


Oleh H. A. Azwar, Jumat, 10 Juni 2016 | 16:03 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan dibantu oleh TNI dan Polri melakukan evakuasi dan pengamanan lokasi  semburan gas.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Akibat semburan gas dan lumpur satu bangunan gereja dan satu unit asrama gereja terkena Lumpur," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Jumat (10/6).

Krisis air yang melanda Kota Balikpapan menyebabkan masyarakat banyak yang melakukan pengeboran sumur air tanah dalam. Empat pekerja menggali sumur bor di Komplek Bethany Kelurahan Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (9/6) pukul 11.00 WITA. Saat melakukan pengeboran pada kedalaman 64 meter tiba-tiba gas menyembur bersama lumpur setinggi 35 meter. Semburan berlangsung hingga Kamis (9/6) pukul 16.08 WITA.

“Pertamina dan PT. Total melakukan pemantauan secara periodik (per jam),” ujar Sutopo.

Sementara itu, Distamben Provinsi Kalimantan Timur, lanjut Sutopo, melakukan penelitian terhadap kandungan semburan (H2S : 0%, CH4 :0% dan O2 : 20.9%) dan dinyatakan masih dibatas ambang normal. “Tidak ada gas beracun. Gas dan lumpur aman terhadap lingkungan,” imbuhnya.

Saat ini, BPBD Kota Balikpapan mendirikan posko pengawasan bersama dgn TNI, Polri, Pertamina dan PT. Total.

Kejadian semburan gas dan lumpur pada saat ada pengeboran sumur oleh masyarakat di Balikpapan ini bukan kejadian yang pertama. “Sebelumnya pernah terjadi juga. Termasuk di Samarinda dan daerah lain di Kalimantan Timur,” jelas Sutopo.

Hal ini disebabkan adanya lapisan kedap air (impermeable) yang berada di atas air dalam sistem akuifer air tanah. Air yang tidak bisa keluar, lantas terperangkap dalam sedimen dan tidak dapat mengalami pembatuan (litifikasi). Saat ada terjadi getaran dan sesuatu yang menembus lapisan endapan maka terjadi kontak antara lapisan dan benda yang berada di permukaan. Adanya tekanan lapisan sedimen tinggi maka dorongan untuk melepaskan tercipta dan akhirnya muncul semburan lumpur di permukaan.