Banjir Longsor Terjang Sangihe, 4 Orang Tertimbun 40 Rumah Rusak

:


Oleh H. A. Azwar, Selasa, 21 Juni 2016 | 15:52 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan, telah terjadi banjir dan longsor di Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (21/6) pukul 15.30 WITA.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, lokasi banjir dan longsor di Kabupaten Kepulauan Sangihe yakni di Kecamatan Tahuna Barat, Kecamatan Tahuna, Kecamatan Manganito, Kecamatan Tatowareng, Kecamatan Manganito Selatan, Kecamatan Kendahe, Kecamatan Tabukan Utara dan di Kecamatan Tamako. "Kronologis kejadian, akibat hujan deras, gelombang pasang dan struktur tanah yang labil di daerah perbukitan," ujar Sutopo di Jakarta, Selasa (21/6).

Mengenai korban jiwa, dijelaskan Sutopo, 4 orang tertimbun material longsor, sementara korban luka-luka masih dalam pendataan. “200 warga terisolir akibat longsor di Kecamatan Tahuna Barat,” jelas Sutopo.

Kerugian material, 40 unit rumah rusak dan saat ini masih dalam pendataan. Beberapa wilayah terdapat titik longsor yang juga masih dalam pendataan.

BPBD dibantu TNI/Polri, SAR, Dinkes, Dinsos, Dinas PU, Relawan dan masyarakat setempat, saat ini masih melakukan pendataan dan mendirikan Posko Tanggap Darurat di setiap Kecamatan dan mendirikan dapur umum. “Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe memimpin langsung proses penanganan darurat,” kata Sutopo.