Pemkab Kapuas Hulu Sudah Bergerak Tanggulangi Banjir

:


Oleh Tobari, Senin, 27 Juni 2016 | 10:02 WIB - Redaktur: Tobari - 116


Kapuas Hulu, InfoPublik - Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero, S.H mengatakan masalah banjir di Kapuas Hulu sudah menjadi masalah umum. Menurutnya, warga di Bumi Uncak Kapuas sudah biasa dan bisa mengatasi masalah tersebut.

“Banjir di daerah kita ini, terjadi karena kondisi alam, sudah dari dulu. Banjir ini bagi masyarakat Kapuas Hulu juga bukan kondisi luar biasa,” tuturnya, belum lama ini.

Menurut Wakil Bupati Kapuas Hulu, banjir sudah jadi hal yang umum, Pemerintah Kabupaten perlu bereaksi cepat. Agar bantuan bisa disiapkan untuk meringankan beban warga, apabila banjir kian parah.

“Bupati Kapuas Hulu  A.M Nasir, S.H sudah meninjau langsung ke lapangan. Saya sangat setuju langkah beliau yang memberi perhatian penuh,” katanya.

Banjir sudah menimbulkan dampak, di antaranya memutuskan jalan antara Jaras, Kecamatan Putussibau Selatan dengan desa Bika, Kecamatan Bika. Ada jalan terputus, jadi masyarakat harus beralih ke jalur alternatif, seperti yang terjadi di Bika. Masyarakat terpaksa memutar jalan arah menuju pesantren Kecamatan Putussibau Selatan.

Dilain sisi sebagian kebun dan ladang warga yang tergenang banjir. Hal itu tentu membuat warga terancam gagal panen. “Dari itu memang hal utama yang perlu dilakukan adalah mendata pertanian dan kebun warga yang terendam banjir kemudian dicarikan solusi. (Yohanes/Dishubkominfo Kab. KH/toeb)