Presiden Jokowi Beri Penghormatan Terakhir untuk Alex Litaay

:


Oleh Irvina Falah, Jumat, 1 Juli 2016 | 17:17 WIB - Redaktur: Irvina Falah - 456


Jakarta - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendatangi Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri di Pejambon, Jakarta Pusat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Alexander Litaay, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kroasia yang wafat saat mengemban tugas negara pada Minggu, 26 Juni 2016 di Zagreb, Kroasia.

Tiba sekitar pukul 19.40 WIB, Presiden Joko Widodo disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M. Fachir dan Kepala Protokoler Negara Andri Hadi. Jenazah Alex Litaay sendiri baru tiba di tempat persemayaman sekitar 5 menit setelah kedatangan Presiden.

Saat memberikan penghormatan terakhir, Presiden dan Ibu Iriana didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Usai memberikan penghormatan terakhir, Presiden menemui pihak keluarga untuk menyampakan duka cita.

Jenazah Alex Litaay rencananya akan dimakamkan di San Diego Hills pada hari Jumat 1 Juli 2016 esok sekitar pukul 14.00 WIB.

Alex Litaay baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kroasia bersama dengan 12 duta besar lainnya pada 13 Januari 2016. Pria kelahiran Kota Ambon 1 Oktober 1948 itu mendapat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo untuk mengemban tugas-tugas kenegaraan di negara pecahan Yugoslavia tersebut.