Tabalong Kembangkan Wisata Goa Liang Pundung

:


Oleh MC Kab.Tabalong, Kamis, 14 Juli 2016 | 10:40 WIB - Redaktur: Kusnadi - 2K


Tabalong, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mulai mengembangkan tempat wisata alam Goa Liang Pundun di Desa Purui, Kecamatan Jaro, sebagai salah satu upaya meningkatkan ekonomi masyarakat lokal. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tabalong Zain Ramali, di Tanjung, Rabu mengatakan, obyek wisata Goa Liang Pundun merupakan salah satu tujuan wisata warga lokal maupun masyarakat Tabalong namun belum cukup dikenal luas.

"Sebagai upaya mengembangkan wisata alam Goa Liang Pundun kita telah melakukan sosialisasi termasuk publikasi melalui media televisi nasional agar tempat ini bisa menjadi pilihan tujuan wisata masyarakat Tabalong maupun luar daerah," jelas Zain.

Selain didukung panorama alam pegunungan di Desa Purui, Goa Liang Pundun yang berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Tanjung ini juga memiliki ornamen goa disertai sumber air yang mengalir dari dalam goa.

Menurut salah satu warga Desa Purui Dahri, Goa Liang Pundung mulai ramai dikunjungi warga Tabalong sejak 2015 terutama musim libur sekolah atau akhir pekan.

"Di dalam goa kita akan menemukan sungai dengan air jernih dan sangat dingin, dan karena keindahannya banyak warga dari luar Desa Purui datang untuk mengisi waktu liburan," jelas Dahri.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani pun melakukan kunjungan langsung ke Goa Liang Pundung didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Noor Rifani, Kepala Bappeda Erwan Mardani dan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Hamidah Munawarah.

Dalam kunjungannya ke Desa Purui, Anang mengatakan pemerintah daerah akan memperbaiki jalan menuju ke Goa Liang Pundun sepanjang tiga kilometer agar akses pengunjung lebih mudah dan nyaman.

"Rencananya Desember nanti jalan menuju Goa Liang Pundun sepanjang 1,5 kilometer akan kita hotmix dan sisanya dilanjutkan pada 2017 sehingga akses ke obyek wisata tersebut jadi lebih mudah," jelas Anang.

Anang pun berharap melalui pengembangan wisata alam Goa Liang Pundun kesejahteraan masyarakat lokal bisa meningkat mengingat anjloknya harga getah karet di pasaran.

Sedangkan pengelolaan wisata alam ini sepenuhnya diserahkan ke masyarakat sehingga menambahkan pemasukan bagi desa di samping bantuan Alokasi Dana Desa dari pemerintah daerah maupun pusat.

Kabupaten Tabalong sendiri punya banyak obyek wisata goa, selain Goa Liang Pundung termasuk pula Goa Liang Kanting, Goa Liang Tapah, Goa Kelelawar dan Goa Batu Buli.(Mc Kab. Tabalong/Kus)