Besok, Wapres JK Kunjungi Riau

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 22 Juli 2016 | 09:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 411


Pekanbaru, InfoPublik  – Jelang kedatangan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ke Pekanbaru, Jumat (22/7) seluruh jajaran satuan tugas pencegahan kebakaran lahan dan hutan (satgas karlahut) melakukan rapat koordinasi di Posko Satgas Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Selain persiapan kedatangan RI 2, koordinasi ini dilakukan guna mengantisipasi kondisi terburuk Karlahut yang kemungkinan terjadi pada saat perayaan hari lingkungan hidup se dunia di Kabupaten Siak nanti, juga untuk melakukan evaluasi kinerja pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan di Riau.

Tampak hadir dalam rapat ini Gubernur Riau, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala Staf Kepresidenan, Kepala Badan Restorasi Gambut, Perwakilan Menteri Lingkungan Hidup (LHK), Kapolda, Danrem, Bupati/Walikota Provinsi Riau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Pihak perusahaan.

Menurut Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi proses penanganan karhutla di Provinsi Riau termasuk sulit karena merupakan lahan gambut dimana api masuk ke dalam tanah sehingga perlu waktu panjang untuk memadamkan api.

"Gambut tebal yang terbakar, apinya akan masuk ke dalam tanah. Perlu proses panjang oleh Tim Satgas Karhutla untuk memadamkan api. Namun penanganan karhutla tahun ini lebih baik banding tahun sebelumnya karena pengendalian tehadap munculnya titik api dilakukan lebih dini," ujar Nurendi.

Namun demikian dia juga mengakui bahwa upaya menghilangkan titik api memang belum bisa dilakukan sepenuhnya. "Kami juga sudah menyiapkan konsep untuk penanganan dan pencegahan Karhutla, dan ini bisa dipakai untuk ditempat lain," lanjutnya.

Sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya telah lebih dulu mendarat di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pagi ini, Kamis (21/7).

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman beserta jajaran menyambut kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selanjutnya, Menteri Siti Nurbaya dijadwalkan menuju ke Kabupaten Siak dengan menggunakan Speedboat dari Pelabuhan Sungai Duku dan kembali diantar oleh Gubernur Riau. (MC Riau/as/eyv)