Nikmati Layanan BPJS Ketenagakerjaan Melalui e-Service

:


Oleh MC Kota Batam, Jumat, 29 Juli 2016 | 14:45 WIB - Redaktur: Tobari - 448


Batam, InfoPublik - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Batam-Nagoya berupaya menerapkan semua sistem informasi dan layanan berbasis teknologi. Penggunaan system tersebut menjadi mutlak dalam era digitalisasi seperti saat ini.

Kepala Cabang BPJS Ketengakerjaan Batam-Nagoya Ahmad Fathoni menuturkan, peningkatan layanan melalui e-Service harus dilakukan. Ini juga sejalan dengan imbauan pemerintah agar setiap layanan transaksi tidak lagi menggunakan kertas.    

“Kita memperkenalkan dalam operasional juga didukung dangan sistem informasi yang handal dan sesuai dengan imbaun pemerintah. Kita harus go green. Memang tidak bisa langsung paperless, tapi kita coba pertama less-paper. Bertahap,”ujar Fathoni, usai acara ‘Execelent Service bay e-Service’, di Horizon Hotel, Rabu (27/7).

Saat ini, layanan di instansinya sudah berbasis teknologi. Setiap peserta maupun perusahaan dapat memanfaatkan sistem yang saat ini sudah dibangun melalui BPJS mobile. Informasi tersedia sudah lengkap, mulai dari saldo berapa, upah yang dilaporkan hingga jumlah tenaga kerja.

Pelayanan dari pendafataran, bisa dilakukan secara online melalui website, pembayaran bisa melalui perbankan, Sistem Informasi Pelaporan Peserta (SIPP) hingga e-klaim semua bisa dilakukan hanya melalui smartphone yang dimiliki. 

“Ini harus terus disosialisaskan agar seluruh peserta memanfaatkan. Kita termasuk yang terbesar di Indonesia. Kita optimis Batam akan beralih dari manual ke digital, karena layanan ini tidak hanya bisa dilakukan melalui smartphone tapi sms juga bisa. Informasinya sama, hanya beda satu pakai data satu lagi pakai pulsa,”tambahnya.

Katanya, bertransaksi dengan elektronik, mudah, tepat dan dapat memperkirakan perkembangan saldo. Kedepan, pihaknya juga akan kembangkan sistem bagi peserta Bukan Penerima Upah.

Acara sendiri dihadiri puluhan orang perwakilan dari setiap perusahaan yang bernaung di BPJS Ketenagakerjaan Batam-Nagoya. Pada kesempatan itu juga digelar diskusi guna mendapat masukan dalam rangka terus berinovasi untuk peningkatan layanan.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPJS Ketenagakerjaan Sumbar-Riau dan Kepri Afdiwar Anwar yang hadir pada acara tersebut mengapresiasi kegitan itu. Katanya, acara ini sangat baik mensosialisasikan layanan yang ada. Peserta BPJS harus tahu dan mau memanfaatkan e-Service ini.

“Ini dalam rangka memperjelas apa sebenarnya manfaat dari program kita. Kita juga menjelaskan brand kita. Karena hari ini, masih ada maindset peserta bahwa BPJS Ketenagakerjaan sama dengan BPJS Kesehatan, padahal beda,”ujarnya.(MC Batam Taslimahudin/toeb)