Aparat Diminta Paham Kelola Dana Kampung

:


Oleh MC Kabupaten Sorong, Jumat, 5 Agustus 2016 | 08:08 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 436


Sorong, InfoPublik – Sekda Dr. Albertho H. Solossa, M.Si, meminta agar aparatur kampung (desa) dapat mengasah pengetahuan dan pemahaman pengelolaan  dana kampung secara optimal, ujarnya, Rabu (3/8),  saat mewakili Bupati Sorong dalam Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kampung di Distrik Klamono.

Program kerja sama Pemprov Papua Barat bersama Jaringan Pemberdayaan Generasi Muda untuk Pembangunan Bangsa (JPGM) di wilayah ini.

Turunnya Undang-undang desa atau kampung sejak tahun 2014, merupakan sebuah kesempatan dan peluang emas terbaik yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh aparat dan masyarakat dikampung. Pasalnya dengan regulasi yang jelas didukung dengan pendanaan yang memadai, diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama  penampakan pembangunan diperkampungan dapat terlihat dengan jelas.

Apalagi  dengan keleluasaan dana yang cukup besar diharapkan semua target dan perencanaan pembangunan dapat berjalan lancar, pinta Solossa.

Sementara itu, Ketua Umum JPGM Papua Barat Samsi Rabo  mengatakan, kegiatan pelatihan aparat kampung tersebut merupakan program kerja sama antara pemerintah Pemprov Papua Barat  dan JPGM UPB, dengan target agar aparatur kampung di Distrik Klamono dalam melaksanakan tugas-tugas secara maksimal.

Kegiatan pelatihan peningkatan peran dan partisipasi aparat kampung di Distrik Klamono diikuti 10 kampung,  yang terdiri atas aparat kampung dan badan musyawarah kampung,dalam proses pelatihan nantinya untuk pelatihan komputer akan diberikan satu unit laptop dilengkapi dengan printer inventaris kampung. (MC.Sorong/rim/eyv)