Gubernur Kalsel: Hari Anak Jadi Momentum Untuk Memenuhi Hak Anak

:


Oleh MC Banjar, Jumat, 26 Agustus 2016 | 07:52 WIB - Redaktur: Kusnadi - 521


Banjarmasin, InfoPublik – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin mengatakan, peringatan Hari Anak menjadi momentum untuk  terus berupaya meningkatkan dan sekaligus mengajak semua pihak mulai dari orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara untuk melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab atas perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak dengan sebaik-baiknya.

"Kesan dan makna peringatan Hari Anak Nasionak hendaknya bisa kita wujudkan dalam upaya bersama untuk memenuhi hak anak secara optimal. Anak berhak untuk mendapatkan pendidikan, memperoleh layanan kesehatan yang baik, hak atas kepemilikan akta kelahiran dan hak-hak lainnya yang dirumuskan dalam undang-undang perlindungan anak,” kata Gubernur pada acara Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Rabu (24/8).

Gubernur Kalsel, yang juga biasa dipanggil Paman Birin ini juga menjelaskan, anak merupakan mata rantai yang amat menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa pada masa depan.

Oleh karena itu, menurutnya, menyiapkan generasi penerus  dan pewaris bangsa yang berkualitas, berarti kita harus membangun dan mensejahterakan kehidupan anak sedini mungkin.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan Hj Heryati selaku panitia menyelenggara mengatakan, Peringatan Hari Anak Nasional dimaksudkan agar seluruh komponen bangsa Indonesia, yaitu negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak anak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tanpa perlakuan diskriminatif.

Tujuannya, guna meningkatkan peran serta pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orang tua dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak. Menunjukkkan kepada dunia internasional bahwa bangsa Indonesia berkomitmen untuk memenuhi hak-hak anak sesuai dengan Konvensi Hak-hak Anak.

Adapun pada kesempatan tersebut Gubernur Kalimantan Selatan didampingi Bunda PAUD Provinsi Kalsel dan Wakil Gubernur H Rudy Resnawan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi kalsel serta para Bupati dan Walikota melakukan penandatanganan komitmen bersama pemerintah Provinsi kalimantan Selatan dan Kabupaten/Kota sebagai Kota Layak Anak di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hadir pula pada acara yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan itu, adalah Bunda PAUD Kabupaten Banjar Hj Raudatul Wardiyah.  Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2016 imi mengangkat Tema “ Akhiri kekerasan terhadap anak”. (Hum/Mcbanjar/zay/Kus)