Menkeu : Inovasi Dorong Akselerasi Produktivitas Dan Pembangunan Ekonomi

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 11 November 2016 | 10:24 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 225


Surabaya, Info Publik - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyatakan inovasi menjadi kunci penting bagi suatu negara untuk mengakselerasi produktivitas dan pembangunan ekonomi.

Karena itu, perguruan tinggi di seluruh penjuru tanah air diharapkan turut serta menstimulan inovasi.“Saya ingin agar inovasi yang diciptakan ITS dapat bermanfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat,” katanya saat menyampaikan orasi ilmiah pada Dies Natalis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ke-56, di Graha ITS, Kamis (10/11).

Ia menjelaskan peran perguruan tinggi seperti ITS dan perguruan tinggi lainnya dinilai penting untuk menumbuhkan semangat berinovasi pada mahasiswa dan dosen. Indonesia, sambungnya, masih menghadapi tantangan domestik dari segi infrastruktur yang belum memadai.

Persoalan lain, kata Menkeu, tingkat inovasi dalam negeri yang masih rendah, serta pasar keuangan domestik yang belum berkembang sehingga belum mampu mendukung pendanaan. Apalagi saat ini pertumbuhan ekonomi global masih mengalami tekanan.“Indonesia adalah negara kategori middle income atau negara berkembang yang tentu terpengaruh perekenomian global tersebut,” ungkapnya.

Menkeu optimistis ITS dapat berperan besar dalam mendorong pembangunan melalui penciptaan berbagai inovasi teknologi.“Saya berharap dalam usia yang telah melebihi setengah abad ini, ITS dapat terus mempertahankan dan meningkatkan reputasi internasionalnya. Pencapaian tersebut hendaknya juga  memacu ITS untuk berkarya dan berkontribusi lebih banyak lagi,” ungkap Sri.

Kepala Unit Protokoler, Promosi dan Humas ITS, Melania S Muntini menuturkan ia mengundang Sri Mulyani karena bisa menjadi sosok inspiratif terkait kemandirian dalam pengelolaan keuangan ITS. Ia berharap hal ini bisa menjadi penyadaran mengenai kemandirian yang akan diberlakukan di semua komponen dan elemen yang ada di ITS.

“Sri Mulyani sebagai sosok global yang telah berkecimpung di dunia internasional menjadi sosok inspiratif apalagi tujuan ITS adalah menjadi World Class University,” terang dosen Departemen Fisika ini.

Ketua Panitia Dies Natalies ITS ke- 56, Hamzah Fansuri mengungkapkan kemeriahan Dies Natalis ITS turut bertambah dengan dilepasnya kembali perjalanan motor listrik karya ITS, GESITS, untuk melanjutkan tur perjalanannya ke Pulau Bali. Perwakilan dari Direktorat Jenderal Inovasi Kemenristekdikti yang akan melepas kembali produk unggulan ITS-Garasindo tersebut.

Tak hanya GESITS, penyerahan beasiswa dari Yayasan Beasiswa Alumni ITS (YBAI) ITS senilai Rp 1 miliar akan diberikan secaras simbolis kepada Rektor ITS, disaksikan oleh Ketua PP IKA ITS. Selain itu, juga akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama antara ITS dan PT Tjiwi Kimia serta PT Bank CIMB Niaga pada kesempatan yang sama.

“Beasiswa dari YBAI menandakan bahwa alumni ITS siap mendukung ITS menuju PTN-BH. Konsumsi besok juga akan dimeriahkan oleh produksi air minum ITS yang akan mulai diproduksi,”ujarnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-luk/eyv)