Warga Sleman Bisa Laporkan Temuan Pungli Melalui Ponsel

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Rabu, 7 Desember 2016 | 10:51 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 657


Sleman, InfoPublik - Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSI menginstruksikan kepada tim sapu bersih pungutan liar (saber pungli) Kabupaten Sleman yang terdiri atas unsur pemerintah, Polri, TNI dan Kejaksaan untuk segera bergerak cepat. 

"Masyarakat dapat melaporkan temuan pungli di Sleman melalui ponsel android," kata Sri Purnomo usai mengukuhkan Tim saber pungli Kabupaten Sleman di  Pemkab Sleman, Selasa (6/12).‬

Melalui pengukuhan ini, Sri Purnomo mengharapkan dapat menjadi awal penegasan pemberantasan pungutan liar (pungli)
Menurutnya, pungli sudah terlalu lama hingga layaknya membudaya. Sampai ada anggapan lumrah.

Oleh karena itu Sri Purnomo berharap agar tim segera bertindak cepat, tepat, dan tegas. Pasalnya pungli bukan masalah besar atau kecilnya nominal rupiah. Namun pungli dapat berdampak buruk bagi pelayanan terhadap masyarakat.‬ Bahkan menyebabkan menurunnya daya saing Indonesia di kancah internasional. 

"Semangat pemberantasan bukan masalah jumlahnya, karena itu saya mengharapkan juga peran aktif dari masyarakat dalam pemberantasan pungli di wilayah 
Sleman," katanya.‬

‪Masyarakat dapat melaporkan temuan pungli kepada Tim Saber  Pungli Sleman melalui tiga cara.‬ Pertama melalui Surat Warga di www.slemankab.go.id, Telepon/WA 082262400700, hotline SMS 08112595000, atau aplikasi aduan Lapor Sleman di ponsel android, melalui email atau telepon langsung.

Kerahasiaan identitas pelapor dijamin sehingga masyarakat tidak perlu takut atau ragu-ragu karena identitasnya tidak disebarluaskan. Dengan keikutsertaan masyarakat, diharapkan ada cross check di masyarakat.(MC.Kab.Sleman/Eyv)