900 KG Rendang dari Sumbar untuk Aceh

:


Oleh H. A. Azwar, Sabtu, 10 Desember 2016 | 23:27 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Padang, InfoPublik - Gubernur melepas rombongan pembawa bantuan untuk beberapa daerah yang terkena bencana baik di Provinsi Sumatera Barat maupun Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Jumat (9/12) petang. Daerah tersebut antara lain Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat dan Agam, serta Pidie Jaya.

Rombongan yang terdiri dari relawan Pusdalops-PB BPBD dan Satganas PMI Provinsi Sumbar ini membawa bantuan berupa; 100 stel baju Sekolah Dasar dan 2 ton beras yang telah dikirimkan sebelumnya untuk Kabupaten Pasaman; 133 kotak makanan ringan, 13 kotak family-kit untuk Kabupaten Pasaman Barat; dan uang bantuan kurang lebih sebesar Rp450 juta yang terdiri dari 100 juta bantuan Baznas Provinsi Sumbar dan Rp350 juta dari APBD Sumbar, kurang lebih 895 kg rendang, 2 tangki air bersih, 194 dus makanan siap saji, dan 8 orang Tenaga Reaksi Cepat untuk Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi NAD.

Dalam sambutannya yang disampaikan sebelum melepas rombongan, Gubernur mengatakan pengiriman bantuan merupakan bentuk kepedulian Provinsi Sumbar atas keadaan yang menimpa Provinsi NAD, khususnya Kabupaten Pidie Jaya.

“Aceh menangis, Sumbar bersedih. Inilah bentuk kepedulian kita untuk ringankan beban saudara kita di Aceh. Semoga Aceh tetap sabar dan tabah menghadapi bencana ini. Semoga korban yang meninggal karena bencana ini syahid. Semoga yang hilang segera ditemukan, dan semoga yang terluka, baik ringan maupun berat, lekas pulih,” ungkap Gubernur sembari sisipkan doa.

Gubernur lebih lanjut menjelaskan, masih akan ada bantuan untuk masyarakat Aceh dan bantuan ini segera dikirim besok setelah terkumpul. Dikatakannya,

Kami sudah komunikasi dan berkoordinasi dengan Dinkes Aceh soal apa-apa yang diperlukan. Besok masih ada rombongan yang akan berangkat membawa bantuan yang masih kita siapkan,” jelas Gubernur.

Gubernur lebih lanjut mengungkapkan Pemprov Sumbar sengaja mengirim rendang sebagai bantuan karena lebih awet dan tahan lama dibanding makanan lain.

Menutup sambutannya untuk kemudian melepas rombongan, Gubernur mengumumkan kepada masyarakat yang merasa terpanggil dan ingin berpartisipasi memberikan bantuan logistik, dana, maupun rendang untuk masyarakat Kabupaten Pidie Jaya dapat menghubungi BPBD Sumbar (0751-890720) atau mengantarkan langsung ke Kantor BPBD Sumbar Jl. Sudirman No. 47, Padang.