Bupati Sergai Terima Penghargaan Dari Menkum HAM

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Selasa, 13 Desember 2016 | 12:39 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 372


Serdang Bedagai, InfoPublik -  Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman , Kamis (8/12) menerima penghargaan dari Menteri Huklum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna H Laoly  di Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya. Penghargaan ini diberikan atas upaya pembinaan dan pengembangan Kabupaten Sergai menjadi Kabupaten yang peduli HAM pada tahun 2015.

Penghargaan ini juga diberikan dalam puncak peringatan HAM se-dunia ke-68 tahun 2016 bersama dengan 24 Bupati/Walikota di Sumut serta 228 Kabupaten/Kota se-Indonesia serta 10 Gubernur yang melakukan pembinaan dan pembangunan pada kabupaten/kota diwilayahnya. Selain itu juga memberikan penghargaan kepada 12 Kepala Kantor Wilayah Kemen Hukham yang mendorong sebagian besar atau seluruh kabupaten/kota di wilayahnya peduli HAM.

Demikian dikemukakan Kabag Humas Setdakab Sergai Benny Saragih yang disampaikan kepada wartawan di ruang kerjanya komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jum’at (9/12).

Adapun  Provinsi yang meraih anugerah pada peringatan HAM se Dunia adalah Sumatera Utara, JawaTimur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Provinsi Bangka Belitung, ujar Kabag Benny.

Lebih lanjutkan Kabag Humas bahwa di Sumatera Utara, 24 kabupaten/kota Peduli HAM 2016 adalah Batubara, Humbang Hasundutan, Karo, Langkat, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara, Mandailing Natal, Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan, Pakpak Bharat, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Serdang Bedagai, Toba Samosir, Tapanuli Tengah, Kota Binjai, Gunung Sitoli, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, Sibolga, Tanjungbalai dan Tebing Tinggi.

Menkum HAM Yasonna menyambut gembira, karena semakin banyak kabupaten/kota yang meraih predikat Peduli HAM ada tahun 2016. “Pada tahun 2015 lalu jumlah kabupaten/kota peduli HAM hanya 138 kota/kabupaten,  sehingga ada kenaikan hampir 70% pada tahu ini,” ujarnya. Dia menjelaskan tahun depan, indikator penilaian peduli HAM akan ditingkatkan dari lima kelompok penilaian menjadi tujuh kelompok. Meski demikian, dia mengajak seluruh daerah tetap berkomitmen dalam pemenuhan aspek dan kriteria peduli HAM di daerahnya.

“Kalau kita commit, masing-masing daerah kabupaten/ kota berusaha memenuhi aspek dan kriteria peduli HAM tentu diharapkan daerah terus meraih prestasi, sambil terus meningkatkan pelayanan publik,” imbuh Yasonna.

Sementara itu Bupati Soekirman, usai menerima penghargaan mengemukaan bahwa HAM sebagai salah satu wujud hak yang paling mendasar diantara hak-hak yang lain telah dimiliki manusia sejak dilahirkan menjadi salah satu hal yang paling penting untuk terus ditegakkan. Sehingga memang tak ada satu pun hukum yang mampu merampas HAM itu sendiri.

Pemkab Sergai terus menjunjung tinggi dan peduli terhadap HAM. Kepedulian terhadap HAM dalam konteks pemerintah daerah adalah membangun daerah dan menjadikannya layak untuk dijadikan tempat hidup. Penghargaan ini juga sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi, ujar Bupati Soekirman.(Mc Serdang Bedagai/Febri/Eyv)