Panglima: Media Sumber Informasi dan Pendidikan Strategis

:


Oleh Yudi Rahmat, Kamis, 9 Februari 2017 | 14:02 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 688


Jakarta, InfoPublik - Insan pers atau media merupakan sumber informasi dan pendidikan yang memiliki peran penting dan strategis dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNIJenderal TNI Gatot Nurmantyo pada acara Gala Dinner Hari Pers Nasional 2017 dengan tema “Pers dan Rakyat Maluku Bangkit dari Laut”, bertempat di Islamic Centre, Kota Ambon, Rabu (8/2) malam.

Menurut Gatot, Indonesia mempunyai peluang pertumbuhan ekonomi yang sangat bagus dalam 10 tahun terakhir, dimana tingkat kemiskinan terus menurun dan cadangan devisa Indonesia terus meningkat.“Semuanya sangat mudah kalau dilakukan  bersama-sama, dan semuanya tergantung saudara-saudara Insan Persdalam mempublikasikan di media massa,” ucapnya.

Ia mengatakan Insan Pers sebelum Indonesia merdeka memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme merebut kemerdekaan. Peran Pers melalui pemberitaannya menyebarkan energi sosial diseluruh nusantaradengan sesanti merdeka atau mati,” tutur Panglima TNI.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada masa pembangunan nasional dankondisi global sekarang ini, dikhawatirkan kompetisi global menjadi konspirasi global, itu sangat berbahaya. “Nasionalisme dan patriotisme sangat diperlukan dalam menyatukan dan mempersatukan NKRI untuk menjaga kondisi dan jalannya roda perekonomian Indonesia,” katanya.

Ia menilai media berperan dalam  menyadarkan masyarakat akan ancaman bangsa, jangan sampai terjadi lagi informasi yang disampaikan justru memperuncing dan menyebabkan perbedaan dan permusuhan. “Berikan informasi yang sebenarnya dengan bahasa yangsantun dan menyejukkan, karena ini yang dirindukan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Gatot  mengajak masyarakat Maluku, khususnya  seluruh Insan Pers mewujudkan Indonesia sebagai bangsa pemenang. “Selamat berjuang para pahlawan ku Insan Pers,” pungkasnya.