Pemkab Adakan Sosialisasi Rencana Pelebaran Jalan Garuda

:


Oleh MC Kab. Sumbawa, Sabtu, 25 Februari 2017 | 15:13 WIB - Redaktur: Tobari - 684


Sumbawa Besar, InfoPublik - Dalam rangka pengembangan pelayanan dan kenyamanan transportasi kota Sumbawa Besar, Pemerintah Kabupaten Sumbawa kembali melaksanakan sosialisasi rencana pelebaran Jalan Garuda tahap ke-2, di Aula H. Madilaoe ADT kantor Bupati Sumbawa, Kamis (23/2).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc, didampingi oleh Asisten Admnistrasi Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas PUPR serta dihadiri oleh masyarakat yang akan terkena dampak dari pelebaran jalan tersebut.

Bupati Husni Djibril menyampaikan, bahwa pertumbuhan dan perkembangan suatu kota terjadi akibat adanya kemajuan beberapa faktor, antara lain faktor ekonomi, industri, dan pariwisata.

Kemajuan faktor-faktor tersebut tentu harus diikuti pula dengan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga akan didapat suatu perkembangan kota yang sebanding, dan pada akhirnya masyarakat akan menikmati arti dari perkembangan tersebut.

Menurut Bupati, keberadaan infrastruktur prasarana transportasi yang handal dan memadai akan mampu mendukung perkembangan dan pertumbuhan suatu wilayah.

Hal ini tentu akan memberi peranan penting dan membantu perkembangan perekonomian daerah yang sedang tumbuh, serta memberikan akses kepada wilayah sekitarnya yang mempunyai potensi besar untuk berkembang.

Salah satu jalan utama yang berada di Kota Sumbawa Besar yang menghubungkan berbagai tempat atau lokasi strategis adalah jalan Garuda.

“Disamping menjadi penghubung utama antara Pelabuhan Badas dengan Kota Sumbawa Besar, jalan Garuda juga merupakan poros utama perkotaan serta menjadi persimpangan koneksi dengan jalan strategis Negara yang sedang dikembangkan yaitu Samota,’’ kata Bupati.

Pemerintah Daerah telah merencanakan pelebaran ruas jalan Garuda yang merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah kendaraan, serta pergerakan penduduk yang semakin dinamis di Kota Sumbawa Besar sebagai upaya mengantisipasi perkembangan lalu  lintas di masa yang akan dating.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pertanahan Setda Sumbawa Abdul Haris S.Sos dalam laporannya menyatakan, peserta sosialisasi ini berasal dari seluruh masyarakat yang terkena dampak pelebaran jalan Garuda sebanyak 153 orang.

Serta, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Staf Ahli Bupati, Lurah Lempeh, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, sehingga jumlah keseluruhan peserta yang hadir sekitar 225 orang. ‘’Kegiatan ini dilaksanakan karena adanya rencana pembebasan lahan khusus bagi masyarakat yang terkena dampak pelebaran,’’ katanya. (mckabsumbawa/toeb)