Bupati Cek Kesiapan Peralatan Pencegahan Karhutla Milik BPBD Pulang Pisau

:


Oleh Kab. Pulang Pisau, Kamis, 13 April 2017 | 06:10 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 712


Pulang Pisau, InfoPublik - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo hadir pada kegiatan geladi peralatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau di Dermaga Patanak Pulang Pisau, Rabu (12/4).

Kehadiran bupati sekaligus untuk mengecek kesiapan peralatan pencegahan karhutla yang dimiliki BPBD dalam kondisi terawat secara rutin dan siap digunakan di lapangan.

"Intinya setelah kita cek kesiapan peralatan pemadam kebakaran, semua pihak akan dilibatkan dalam upaya pencegahan karhutla tahun ini, pemerintah maupun masyarakat. koordinasinya secara terpadu dan diupayakan tahun ini untuk pencegahannya lebih sedini mungkin, mengingat pada tahun 2015 lalu terjadi kebakaran besar-besaran di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, patroli kita tingkatkan dengan berkoordinasi pada dinas terkait," kata Edy.

Sementara, Kepala BPBD Pulang Pisau Salahudin mengatakan semua peralatan dan perlengkapan pemadam kebakaran, baik mesin, selang, saffety personel pemadam kebakaran dan operasional lainnya dipastikan semuanya berfungsi. Selain peralatan siap pakai, personel juga siap bergerak bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

"BPBD Kabupaten Pulang Pisau terus berupaya dan berusaha untuk meminimalisir munculnya titik panas (hotspot), harapan kami ditahun ini kita lebih tingkatkan koordinasi untuk upaya pencegahan karhutla,  demikian juga posko-posko di kecamatan selalu siaga," tegasnya.

Kabupaten Pulang Pisau cukup banyak wilayah yang masuk kategori rawan bencana kebakaran hutan dan lahan, beberapa diantaranya pemerintah daerah telah menjadikan prioritas penangannya. (MCPulangPisau)