Rakerwil I IMIKI Ajak Mahasiswa Menyikapi Berita Hoax

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 5 Mei 2017 | 10:02 WIB - Redaktur: Kusnadi - 330


Pekanbaru, InfoPublik - Maraknya berita hoax yang beredar baik di media massa maupun di media sosial belakangan ini dianggap meresahkan publik dengan informasi yang tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Hal tersebut kemudian diangkat dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Sumatra Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (IMIKI) dengan tema "Bagaimana Menyikapi Berita Hoax", di Auditorium Sutan Balia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UR), Kamis (4/6).

Adapun Provinsi Riau kali ini ditunjuk menjadi tuan rumah usai sukses melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) di tahun 2013 yang lalu, dengan panitianya berasal dari mahasiswa dari UR, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) II, Universitas Islam Riau (UIR), dan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Wakil Rektor III UR Syafsat yang mewakili Rektor UR Aras Mulyadi dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya seminar ini mahasiswa Ilmu Komunikasi mampu menangkal bahaya hoax yang beredar seperti saat sekarang ini.

"Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi perlu adanya sikap dalam menyikapi berita hoax", ujarnya.

Turut hadir sebagai pemateri seminar ini adalah Pemimpin Redaksi goriau.com Hasan Basril, Dosen Fakultas Hukum UIR Admiral, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pekanbaru Fakhrurrodzi, dan perwakilan dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Tri Hartanto.

Rusdy Yanson selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa agenda ini bukan hanya sebagai ajang pembentukan program kerja organisasi, tapi juga untuk memperkenalkan Provinsi Riau lebih luas kepada masyarakat luar.

“Acara ini juga akan menjadi ajang ekspos keindahan Riau, baik dari bangunannya, sejarahnya dan alamnya,” tutup Rusdy.

Untuk diketahui bahwa IMIKI ini terbagi atas 4 wilayah, yakni Wilayah I Sumatera, Wilayah II Jawa-Bali, Wilayah III Sulawesi, dan Wilayah IV Kalimantan-Papua. (MC Riau/Zak/Kus)