Dutohe Barat Pilot Project Penanaman Jahe Merah Terbesar di Gorontalo

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 15 Juni 2017 | 09:02 WIB - Redaktur: Kusnadi - 679


Bone Bolango, Infopublik Desa Dutohe Barat, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango menjadi pilot project penanaman jahe merah system vertikutur terbesar dan terbanyak di Provinsi Gorontalo dengan 50 paket tanaman jahe merah atau berjumlah 5.000 polybag. 

Penanaman jahe merah system vertikutur ini, kerjasama antara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “MOAWOTA”  Desa Duothe Barat dengan CV. DUA INSAN GROUP. 

Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat melaunching sekaligus melakukan penanaman perdana jahe merah system vertikutur tersebut, Rabu (14/6), mengatakan sangat menyambut baik apa yang menjadi inisiatif BUMDes dan Kepala Desa Dutohe Barat bekerjasama dengan CV. DUA INSAN GROUP dalam melakukan penanaman jahe merah di desa itu.

Bupati pun berpesan dalam kerjasama ini harus sama-sama untung. Artinya pihak CV. DUA INSAN GROUP tidak boleh hanya jual bibit jahe merahnya saja, obatnya, dan sebagainya, tapi juga bertanggungjawab melatih, membimbing dan mengantarkan rakyat Dutohe Barat menjadi sukses dalam usaha tanam jahe merah tersebut.

“Saya minta ini dan perintahkan kepada CV. DUA INSAN GROUP harus mampu dan bisa mengantarkan rakyat di Dutohe Barat ini sukses dengan usaha tanam jahe merah ini,” pesan Bupati.

Bupati Hamim Pou mengatakan akan menunggu dalam beberapa bulan ke depan, dirinya diundang kembali untuk memanen dan memastikan sudah ada calon pembeli yang undang oleh CV. DUA INSAN GROUP untuk membeli hasil tanaman jahe merah tersebut.  Supaya ini menjadi cerita keberhasilan dan pencapaian kemitraan antara BUMDes dengan pihak swasta yang melibatkan banyak masyarakat.

Menurut Bupati, Desa Dutohe Barat merupakan desa yang berkinerja baik. Karena itu, dirinya serius dan mensupport kerjasama antara BUMDes dan CV. DUA INSAN GROUP dalam penanaman jahe merah ini karena BUMDes menggunakan dana maupun modal dari Dana Desa.

”Dana Desa itu tujuannya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi kemiskinan, supaya Rumah Tangga Miskin (RTM) di Dutohe Barat ini akan terus berkurang dan terus menurun,” ujarnya.

Karena itu, Bupati berharap usaha penanaman jahe merah di Desa Dutohe Barat tersebut berhasil, tentu dengan kesungguhan dari masyarakat setempat.

”Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil,” tukas Bupati Hamim Pou sambil berpesan kepada ibu-ibu di desa itu agar serius mengurus tanaman jahe merah tersebut.

Apalagi, lanjut Bupati Hamim Pou, dia melihat di Desa Dutohe Barat masih banyak sekali lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk ditanam jahe merah.

”Mari kita sukseskan penanaman jahe merah dan Insya Allah ini menjadi salah satu pintu rezeki untuk masyarakat di Dutohe Barat,” tandasnya.
Pantauan di lokasi, launching sekaligus penanaman perdana jahe merah system vertikutur yang dirangkaikan dengan penyerahan simbolis bibit cabe 8.000 polybag kepada masyarakat Desa Dutohe Barat tersebut, dihadiri Ketua KONI Bone Bolango Yakub Tangahu, Kepala Dinas PMD Suleman Panigoro.

Selanjutnya, Kadis Pertanian dan Peternakan Nurdin Saud, Plt. Kepala DLH Hasan Limonu, Camat Kabila Riyon Naki, dan Kades Dutohe Barat Salim Kiay, Ketua BUMDes MOAWOTA Darwin Botutihe, serta Direktur CV. DUA INSAN GROUP Syahril Pakaya. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir/Kus)