Pengembangan Lapangan MDH-MBH Sumenep Disosialisasikan

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Kamis, 15 Juni 2017 | 17:07 WIB - Redaktur: Tobari - 316


Surabaya, InfoPublik - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Husky CNOOC Madura Limited (HCML) pengelola Lapangan MDA-MBH yang berada di lepas pantai sebelah tenggara Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggelar sosialisasi pengembangan lapangan migas di kawasan Pulau Madura tersebut.

Head of Relation HCML Hamim Tohari, saat sosialisasi dengan beberapa lembaga, Kamis (15/6), mengatakan sebenarnya di lokasi ada tiga MDA-MBH dan MDK.

"Kami sudah kontrak di lokasi ini pada 1982-2012 dan diperpanjang 2012-2032. Jadi sisa kontrak tinggal 15 tahun, namun saat ini maki fokus di lapangan MDA MBH,” katanya.

Sosialisasi dilakukan dengan beberapa lembaga, di antaranya, Kodam V/Brawijaya, Lantamal V Surabaya, Dinas Perhubungan Jatim, dan Kominfo Jatim, di Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim Surabaya.

Kegiatan HCML, menurut Hamim, saat ini adalah pengeboran dengan memasang ‘platform  menggunakan kapal berbendera Hongkong. “Lokasi MDA-MBH berada di daerah latihan kapal selam TNI Angkatan Laut.

Setelah beroperasi, pihak HCML berjanji akan berpartisipasi langsung dalam program pengembangan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Pulau Sapudi. HCML juga meminta dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat Sapudi untuk kegiatan operasi hulu migas.

“Beberapa kegiatan yang kami lekukan dengan masyarakat sekitar lokasi diantaranya adalah memberi bantuan mobil ambulan, pemberdayaan petani rumput laut, dan nelayan,” ungkapnya.

Diproyeksikan, hasil produksi dari MDA-MBH milik HCML tersebut nantinya akan disambungkan ke pipa Pertamina East Java Gas Pipeline (EJGP) ke Porong Sidoarjo yang berjarak kurang lebih 200 km dari lokasi pengeboran. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/toeb)