Pendaftar Catam TNI AL Di Surabaya Capai 1.972 Orang

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 31 Juli 2017 | 08:50 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 508


Surabaya InfoPublik – Animo para pemuda di wilayah Surabaya dan sekitarnya untuk menjadi anggota TNI AL ternyata cukup besar. Hal itu terbukti dengan banyaknya para pendaftar calon tamtama (catam) yang daftar di Gedung Serba  Guna, Markas Komando Lantamal V Surabaya. Tercatat hingga hari ke-25 ini, pendaftar mencapai 1.972 orang yang telah mendaftar ulang.

Loket pendaftaran di Mako Lantamal V yang berlokasi di Jl Laksda M Nazir 56 Surabaya ini menjadi salah satu tempat pendaftaran yang ditunjuk Mabes TNI AL untuk menerima pendaftaran calon prajurit TNI AL. Penerimaan Catam Prajurit Karier (PK) TNI AL ini adalah gelombang kedua tahun 2017.

Asisten Personel Komandan Lantamal V, Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati mengatakan, pendaftaran penerimaan Catam PK TNI AL Gel II tahun 2017 ini berlangsungnya selama satu bulan dari 3 Juli 2017 sampai 3 Agustus 2017. “Hingga saat ini pendaftar di Lantamal V sudah mencapai 1.972 orang. Ini dipresiksi akan terus meningkat mengingat kesempatan mendaftar masih ada satu pekan kedepan,” terangnya.

Dengan tingginya animo masyarakat yang ingin bergabung dengan TNI Angkatan Laut ini, lanjutnya, maka akan semakin mudah bagi Lembaga Penyedia Tenaga Angkatan Laut (Lapetal) Mabesal untuk menentukan kreteria  prajurit TNI AL yang diinginkan. “Semakin mudah karena semakin banyak pilihannya,” ujarnya.

Mengingat jumlah pendaftaran yang mencapai ribuan ini, sudah dapat dipastikan proses seleksi akan berjalan ketat, untuk itu ia berharap kepada seluruh peserta tes memaksimalkan waktu yang pendek itu untuk menyiapkan fisik dan mental dalam menjalankan tes. “Jaga kondisi kesehatan dan mental bajanya, karena itu modal utama untuk bisa menyelesaikan rangkaian tes yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” imbaunya.

Tresna juga menegaskan komitmen pimpinan TNI AL dalam proses rekrutmen prajurit kali ini. “Rekrutmen ini dilakukan secara profesional, objektif dan transparan dengan memegang teguh aturan seleksi yang telah ditetapkan untuk mendapatkan Catam PK terbaik sesuai dengan persyaratkan yang ditentukan,” ujarnya.

Untuk menghindari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, Tresna mengingatkan para peserta dan orang tua peserta untuk waspada. “Abaikan apabila ada pihak-pihak tertentu yang menawarkan jasa atau bantuan bisa meloloskan peserta dengan meminta sejumlah uang atau barang tertentu. Itu sudah bisa dipastikan penipuan, karena panitia tidak pernah memungut biaya apapun selama proses penerimaan berjalan,” pungkasnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr)