Diskominfo Padang Gelar Verifikasi Final Data Bersama BPS

:


Oleh MC Kota Padang, Sabtu, 5 Agustus 2017 | 19:58 WIB - Redaktur: Tobari - 554


Padang, InfoPublik - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)  Kota Padang bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat  menggelar verifikasi final data untuk penyusunan “Padang Dalam Angka Tahun 2017”.

Kegiatan tersebut diikuti 22 sumber OPD di lingkungan Pemkot Padang, dan dilaksanakan di Daima Hotel, Jum’at (4/8).

 Kepala Dinas Kominfo  Kota Padang Suardi, SH.Mhum mengatakan,  dan menginformasikan bahwa mulai tahun 2017, urusan statistik yang sebelumnya berada di Bappeda kini  pindah kewenangan itu  dibawah Dinas Kominfo Kota Padang.

Sehingga Seksi Statistik yang berada di bidang  Kominfo Statistik dan Persandian ini memiliki produk statistic “Padang Dalam Angka” bersama BPS Kota Padang.

Untuk itu, kepada 22 sumber utusan dari OPD agar dengan  meneliti  dengan baik data-data yang telah direkam BPS untuk disempurnakan.  Dan jangan sampai salah, santai saja, buka mata perbaiki dengan baik. “Sebab jika terjadi kesalahan fatal akibatnya, dan yang rugi kita bersama,” kata Suardi yang juga mantan Kadispora itu.

Kuncinya adalah kebersamaan dalam melakukan pekerjaan, terbuka, dan pikirkan berfaedah bagi banyak orang. Kalau bermanfaat bagi orang banyak tentu memperoleh pahala dari Allah Swt. Berpahala ujung-ujungnya tentu masuk surga.

Para utusan OPD, tinggal pilih mau surga atau neraka, dan secara spontan semua audiens dari OPD lingkungan Pemkot Padang menjawab masuk surga. Untuk itu bantulah dengan baik penyelesaian penyusunan buku “Padang Dalam Angka tahun 2017” ini.

Sedangakan, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Padang Rizal juga menyampaikan, tak perlu berlama-lama, amati, teliti, perbaiki dan sempurnakan lalu serahkan kepada pihak petugasnya.

Bak pepatah “Ikan Sepat Ikan Gabus, lebih cepat lebih bagus. Data dari OPD harus final  hari ini (Jum’at 4/8), sebelum rencana data-data itu publish, secara serentak se-Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2017 nanti.

Pada kegiatan yang berlangsung sehari tersebut, Tim Verifikasi Final Data dari BPS, satu per satu menyampaikan hasil pemerikasaan yang mereka lakukan terhadap data yang telah dikirim oleh OPD, selanjutnya dikonfirmasikan kepada 22 sumber dari masing-masing OPD.

Pihak BPS,  Verifikasi Final dilakukan terhadap data keadaan tahun 2016,  dan data tersebut nantinya akan diterbitkan dalam bentuk buku Padang Dalam Angka Tahun 2017.

Buku yang rutin diterbitkan setiap tahun terdsebut, dapat dijadikan referensi bagi Pemerintah Kota Padang dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah kedepannya, sebut Rizal lagi.

Maka tak ada lagi kesempatan untuk membahas, berdialog yang memakan waktu yang panjang. Untuk itu mari gunakan waktu sehari ini dengan sebaik-baiknya.

Kuncinya kebersamaan,  santai, terbuka lakukan kreatifitas bersama-sama pula. Berleha-leha tak ada lagi, sebab akufrasi data itu Penting untuk Pemimpin Kota Padang dalam mengambil kebijakan. (MC Padang/Irwandi Rais/toeb)