33 Tahun Mengabdi di Kemendikbud, Dirjen GTK Pensiun Dini Usia 58 Tahun

:


Oleh Astra Desita, Sabtu, 12 Agustus 2017 | 00:03 WIB - Redaktur: Juli - 675


Jakarta, InfoPublik - Setelah selama 30 tahun mengabdi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dirjen GTK Kemendikbud Sumarna Surapranata mengundurkan diri dari jabatannya dengan pensiun dini diusia 58 tahun.

"Tadi pagi saya sudah menemui Mendikbud Muhadjir Effendy untuk berbicara kepada para wartawan dan Mendikbud menyetujuinya," kata Sumarna.

Ia menjelaskan, pada 20 Juli 2017 mengirim surat kepada Mendikbud untuk mengundurkan diri sebagai Dirjen GTK terhitung mulai 1 Agustus 2017, pengunduran dirinya, menurutnya tidak ada desakan dari manapun, kecuali atas keinginan diri sendiri.

"Kenapa tanggal 1 Agustus 2017, karena pada tanggal 1 Agustus usia saya sudah 58 tahun, walaupun jabatan saya sebagai Dirjen pensiun di usia 60 tahun, tetapi saya melihi pensiun dini diusia 58 tahun," jelasnya kepada para wartawan di Gedung Kemendikbud Senayan Jakarta, Jumat, (11/8).

Menurut Pranata, Keputusan Presiden memberhentikan dengan hormat keluar pada 8 Agustus 2017. "Saya juga tidak tahu ada viral kemarin dan saya telah melaporkan juga kepada Mendikbud dan saya tidak mau mengomentarinya," ungkapnya.

Pranata mengatakan, Pertemuan ini atas izin Mendikbud Muhadjir Effendy. Ia telah mengabdi selama 33 tahun, sebagai guru 5 tahun. "Saya merasa sedih berpisah dengan para wartawan Fortadikbud, tapi ada pertemuan pasti ada perpisahan dan saya berharap setelah pensiun ini saya mau membantu istri saya memasak di restoran yang berada di Lembang, Bandung Jawa Barat," ujarnya.

Menurutnya, keputusan tersebut telah dipikirkan panjang-panjang. Sebelumnya ia juga berasal dari guru, keluarga besar guru, anak dan istrinya juga guru.

"Saya di Kemendikbud sampai 1 September 2017. Cukup 33 tahun saya mengabdi dan perjuangan baik dari Direktur dan staff yang sangat keren-keren, yang bekerja dengan keras, cerdas dan mereka ikhlas dan mendapat prestasi yang luar biasa dan saya mohon pamit kepada para wartawan dan para sahabat saya tercinta dilingkungan Dirjen GTK," pungkas Pranata.