Wakil Gubrnur Jatim Apresiasi Terbitnya Buku Dolanan Gresik

:


Oleh MC Kabupaten Gresik, Kamis, 28 September 2017 | 05:15 WIB - Redaktur: Tobari - 516


Gresik, InfoPutri - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengapresiasi terbitnya buku "Dolanan Gresik" atau permainan Gresik sebagai salah satu upaya mendorong budaya membaca di kalangan pelajar di wilayah setempat.

"Anak-anak harus membiasakan diri untuk senantiasa gemar membaca. Melalui membaca  akan mudah memperoleh informasi sebanyak-banyaknya," kata Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, saat peluncuran dan bedah buku "Dolanan Arek Gresik di SMA Negeri 1 Gresik, Selasa (26/9).

Ia mengatakan membaca adalah salah satu cara untuk melihat dunia secara dekat, dan menjadi modal dalam menghadirkan generasi pemenang bagi bangsa Indonesia di masa mendatang.

Dikatakannya, menulis dan membaca memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi sebanyak banyaknya, sehingga masyarakat harus membiasakan diri dengan membaca. 

Menurut Gus Ipul, generasi pemenang hari ini adalah orang yang suka membaca dan menulis, sama halnya jika ingin berwirausaha harus bisa mengetahui serta memperoleh informasi dengan membaca peluang maupun kerugian.

"Mau membeli tanah, harus membaca informasi letak yang strategis. Mau mengambil keputusan dan kebijakan, haruslah membaca data secara lengkap serta akurat agar tidak terjadi kesalahan," tuturnya.

Terbitnya buku Dolanan Gresik, lanjut Gus Ipul, sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama warga Gresik, karena mengenalkan dolanan pada saat kecil.

"Kami ingin anak-anak mengenal mainan yang ada di Indonesia. Pada dasarnya, setiap mainan memiliki filosofi dan arti yang bisa dilihat serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari," katanya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gresik Suswanto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam terbitnya buku ini. 

Terbitnya buku ini, disebutnya, merupakan respon dari kemajuan teknologi dan derasnya arus globalisasi sehingga anak saat ini lebih mengenal gawai atau handphone.

Buku ini, diharapkan mengingatkan kembali memori anak anak untuk dapat bersosialisasi, berinteraksi serta bekerja sama dengan sesama teman sepermainannya.

"Mohon doanya agar sekolah ini semakin sukses. Dan membawa manfaat bagi semuanya," katannya. (Humas pemkab gresik/toeb)