Persiapan Lomba, Siswa SMK N 2 Malang Berlatih Gamelan

:


Oleh MC Kota Malang, Rabu, 25 Oktober 2017 | 10:42 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 2K


Malang, InfoPublik - Siswa SMK N 2 Kota Malang berlatih bermain gamelan dan karawitan di Gedung Kesenian Gajayana, Selasa (24/10). Para siswa terlihat senang bisa belajar gamelan yang menjadi kegiatan ekstrakurikuler.

Meskipun belum lihai, tapi alunan musik yang dibawakan siswa itu sudah mulai bersahabat dengan telinga pendengar. Apalagi ketika sedang membawakan tembang-tembang Jawa yang syahdu.

Menurut guru  Bahasa Daerah SMKN 2 Kota Malang, Javian Inggit Restianto, latihan ini merupakan persiapan untuk lomba di sekolah tanggal 26 Oktober 2017 mendatang. Meski levelnya hanya lomba tingkat sekolah, tapi para siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler gamelan disiapkan dengan sangat serius.

“Kami sengaja membawa siswa berlatih di sini agar bisa konsentrasi dan semakin fokus untuk tampil maksimal pada saat penyelenggaraan,” jelas Javian.

Javian menambahkan dengan serius menyiapkan diri menghadapi berbagai even ini diharapkan bisa membuat kemampuan sempurna. Pasalnya, hanya dengan selalu giat berlatih kemampuan para siswa akan terus membaik.

Selain tampil di even sekolah, Javian menyebutkan tim kesenian gamelan SMKN 2 Kota Malang juga sering tampil di berbagai even. Di antaranya adalah dalam lomba LKS SMK Tingkat  Nasional beberapa waktu yang lalu di Gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM).

Melalui kegiatan ini, Javian berharap bisa semakin mendekatkan siswa didik dengan gamelan yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Juga agar siswa sejak dini mencintai keseniannya.

Selain tampil di sekolah, tim gamelan SMK N 2 Kota Malang juga akan tampil pada lomba Batik Fashion Festival, modeling, sinden, jajanan tradisional dan lomba dolanan. (mc.kota malangcah/ram/eyv)