Sekda Buka MTQ Ke-40 Tingkat Kabupaten Bogor

:


Oleh MC Kabupaten Bogor, Kamis, 26 Oktober 2017 | 12:33 WIB - Redaktur: Tobari - 492


Jasinga, InfoPublik - Sekda Kabupaten Bogor, Adang Suptandar berkeinginan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-40 tingkat Kabupaten Bogor tahun 2017 dapat dijadikan momen untuk dapat meningkatkan kerukunan umat beragama, ukhuwah islamiyyah dan ukhuwah wathonniyah.

“Sekaligus sebagai syi’ar budaya membaca al qur’an dan menumbuhkembangkan pemahaman serta pengamalan isi kandungan al Qur’an,” katanya saat membuka MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Bogor, di halaman Masjid Besar Nurul Faizin Kecamatan Jasinga," Selasa (24/10).

Penyelenggaraan MTQ ini, disebutnya, sangat penting dan strategis, karena selain potensial menjadi sarana untuk menyentuh qalbu masyarakat dengan al Qur’an juga mampu membangkitkan semangat masyarakat untuk menguatkan aqiqah islam di tengah arus budaya global yang semakin bebas dan terbuka sekarang ini.

Adang juga menambahkan bahwa persoalan aqidah merupakan persoalan fundamental dalam kehidupan umat sekarang ini. Tidak ada maknanya harapan kita menjadi Kabupaten termaju di Indonesia apabila pembangunan fisik maju dengan pesat akan tetapi pembangunan moralitas dan agama terabaikan.

“Oleh karena itu, upaya penguatan aqidah menjadi penting dalam rangka membangun sinergitas antara pembangunan fisik dan pembangunan mental spiritual”, tegasnya.

Adapun Ketua pelaksana MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Bogor Enday Zakarsih mengatakan pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 24-27 Oktober 2017, dimana jumlah peserta MTQ sebanyak 764 orang.

Cabang yang dilombakan yaitu cabang tilawah dewasa dan qiro’at sab’ah, cabang tilawah remaja dan cacat netra, cabang tilawah anak-anak dan murotal, cabang tahfidz 1 dan 5 juz tilawah, cabang tahfidz 10 dan 20 juz cabang tahfidz 30 juz dan tafsir bahasa arab, bahasa indonesia dan bahasa inggris, cabang syahril qur’an/MSQ, cabang fahmil qur’an/MFQ, cabang makalah ilmiyah al-qur’an/MIQ dan terakhir cabang kaligrafi qur’an.

Pada kegiatan pembukaan MTQ ke-40 turut pula dihadiri Muspida Kabupaten Bogor, Ketua MUI Kabupaten Bogor, Kepala Kemenag Kabupaten Bogor, Para Kepala Dinas dan juga seluruh Camat se-Kabupaten Bogor. (Agung/Diskominfo Kabupaten Bogor/toeb)