Diskominfo Dharmasraya Terima Rombongan Nagari Gunung Medan

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Senin, 13 November 2017 | 12:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Dharmasraya, InfoPublik- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dharmasraya menerima rombongan studi banding dari Nagari Gunung Medan Kecamatan Sitiung di ruang pertemuan Diskominfo, Senin (13/11).

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya ST.M.Taufik, SE, MM didampingi Sekretarisnya Hendri, S.Ag, M.Si dan kabid. Kominfo Mashuri Thaib, M.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya ST.M.Taufik, SE, MM menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Pemnag. Gunung Medan dan berharap semoga terjalin kerjasama yang baik kedepannya antara kedua instansi pemerintah ini.

Sutan Taufik menuturkan, Dinas Kominfo baru berusia kurang dari satu tahun tepatnya beroperasi sejak Januari 2017. Sebelumnya kominfo merupakan salah satu bidang pada Dinas Perhubungan Kabupaten Dharmasraya.

Walaupun masih tergolong muda, Dinas Kominfo Dharmasraya telah melaksanakan beberapa kegiatan tahun ini, antara lain membangun jaringan interkoneksi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Dharmasraya, pembuatan website OPD dan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada enam kecamatan.

Pada kesempatan lain, Ketua rombongan Hendri Gumekar menyampaikan apresiasinya atas sambutan yang diberikan oleh jajaran Dinas Kominfo Dharmasraya. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan “Pelatihan Peningkatan Potensi Masyarakat Bidang Teknologi Informasi”, yang berlangsung sejak 10 sampai 14 November.

“Saat ini kami sedang menggelar pelatihan TI, untuk mendapatkan pengalaman langsung khususnya tentang website, peserta melakukan studi banding ke Dinas Kominfo”, ujar Hendri. Menurut Hendri, dipilihnya Dinas Kominfo sebagai tujuan studi banding karena instansi ini sudah berpangalaman dalam mengelola website resmi Pemkab. Dharmasraya www.dharmasrayakab.go.id.

Lebih lanjut, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Pemberdayaan Masyarakat Gunung Medan itu menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan potensi aparatur dan masyarakat dalam mengelola website, sehingga semua kegiatan pembangunan Nagari Gunung Medan dapat tersosialisasikan dengan baik.

Pada tahun ini, Pemnag Gunung Medan mengalokasikan sebagian dana desa/nagari untuk penyelenggaraan sembilan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Pelatihan Peningkatan Potensi Masyarakat Bidang Teknologi Informasi merupakan kegiatan yang ke sembilan.

Sebelumnya sudah dilaksanakan beberapa kegiatan, antara lain pelatihan pengembangan potensi bumnag, serta pelatihan keterampilan menjahit dan bordir.(McDharmasraya/Eyv)