Dana Operasional PAUD Akan Naik Jadi Rp4 Triliun di 2018

:


Oleh Astra Desita, Senin, 20 November 2017 | 18:59 WIB - Redaktur: Juli - 317


Tangerang, InfoPublik - Pemerintah akan menaikkan alokasi dana operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dari yang sebelumnya sebesar Rp3,5 triliun di 2017, menjadi Rp4 triliun pada 2018.

"Kami berharap semua pemangku kepentingan, lembaga pengelolaan PAUD dan khususnya kepala daerah, saya minta untuk ikut meningkatkan kepeduliannya merawat anak-anak kita yang menjadi modal masa depan," tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, saat menyampaikan laporan penyelenggaraan acara penyerahan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 di Hotel Allium, Kota Tangerang, Banten, Senin (20/11).

Muhadjir menyebutkan peningkatan dana BOP sesuai arahan Presiden Joko Widodo. "Pemerintah saat ini di 2017 mengalokasikan dana bantuan operasional pendidikan (BOP) di mana setiap anak akan mendapatkan Rp600 ribu, dana BOP itu tidak jauh berbeda dengan dana Bantuan Operasional Sekolah  atau BOS sebesar Rp800 ribu per siswa," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Mendikbud menyatakan syukur dan bangga acara penyerahan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 dihadiri Ibu Negara. "Pemberian Penghargaan PAUD ini bertepatan dengan Hari Anak Universal pada 20 November. Seluruh dunia memperingati hari anak dalam rangka mempertegas komitmen negara-negara di dunia  memperhatikan anak-anak," terangnya.

Kegiatan ini kata Muhadjir, juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional 2017. "Kami memberikan penghargaan kepada pihak-pihak  yang mengabdi di bidang PAUD. Kami mohon Ibu Negara berkenan menyampaikan kepada mereka yang mendapatkan penghargaan," pungkas Muhadjir Effendy.