MenkoPembangunan Manusia dan Kebudayaan Beri Bantuan Untuk PKH di Batam

:


Oleh MC Kota Batam, Sabtu, 16 Desember 2017 | 14:25 WIB - Redaktur: Tobari - 411


Batam, InfoPublik - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani membagikan bantuan kepada 212 penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Batam, dalam rangka kunjungan kerja di Puskesmas Sekupang, Batam, Kamis (14/12).

"Di Batam yang menerima bantuan 10.341 PKH, dengan nilai bantuan totalnya Rp4 miliar, dan yang baru disalurkan untuk sebanyak 10.219 PKH, sementara yang belum menerima 212. Sisanya akan diserahkan tahun ini," kata Puan.

Ia menjelaskan bantuan diberikan sebesar Rp1.890.000 per tahun. Disalurkan dalam empat tahap, dengan rincian Rp500.000 tiga triwulan pertama, dan terakhir Rp390.000. Kecuali untuk disabilitas bantuan yang diberikan sebesar Rp2 juta.

"Karena sudah pakai rekening, uangnya tidak harus ibu-ibu ambil sekaligus. Bolehambil Rp 100.000 dulu, sesuai kebutuhan. Tenang saja, uangnya tidak akan hilang. Tidak usah berdesak-desakan di bank," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Puan berbincang dengan beberapa penerima bantuan. Satu di antaranya adalah Rentina Siagian. Warga Batam asal Medan Sumatera Utara ini menerima bantuan PKH juga Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk anaknya yang bersekolah di SMP.

"Anak dua orang, SMP 13 tahun, dan kelas 4 SD. Yang dapat KIP yang SMP. Sekali enam bulan dapat Rp 400 ribu. Uangnya untuk beli buku, uang ojek," ujar wanita yang sudah merantau ke Batam selama 20 tahun ini.

Rentina mengaku sangat terbantu dengan program pemerintah ini. Ia dan suaminya memanfaatkan bantuan yang diberikan tersebut dengan sangat baik. Menurutnya sang suami pun tahu uang tersebut hanya boleh digunakan untuk kebutuhan hidup. Jadi tidak diminta untuk hal lain, seperti beli rokok, atau pulsa telepon.

"Sangat terbantu. Saya berjuang, tapi pendapatannya tidak cukup. Suami saya ngojek, kerja bangunan, baru dua minggu ini kerja di galangan. Kalau suami minta, saya enggak kasih Bu. Karena itu untuk sekolah anak. Suami saya pun tak mau mintanya," tutur Rentina yang tinggal di kawasan pemukiman liar ini.

Puan pun mengingatkan hal yang sama kepada seluruh penerima bantuan. Bantuan yang diberikan pemerintah ini jangan dipakai untuk beli kebutuhan sekunder. Tapi utamakan kebutuhan hidup dasar. "Uangnya jangan dipakai untuk beli handphone, beli pulsa, beli baju terus," sebutnya.

Putri Presiden ke-5 RI ini juga menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Total PMT yang diberikan di Puskesmas Sekupang sebanyak 891 kg untuk 99 ibu hamil serta 896 kg untuk 83 balita.

Selain itu diberikan pula PKH dan paket bantuan sembako berupa beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, Gula Pasir 1 kg, dan Susu Kental Manis 1 kaleng secara simbolis kepada lima Keluarga Penerima Manfaat. Puan juga sempat menyerahkan bantuan Al-Quran dan Buku Bacaan untuk anak-anak Sekupang.

"Untuk ibu-ibu hamil, selalu periksa ke posyandu, puskesmas. Makan biskuitnya sesuai aturan. Jangan berlebih karena bisa jadi kelebihan berat badan. Bulan depan dapat lagi, datang saja ke puskesmas," pesan Puan. (MC Batam/toeb)