Peringati HKSN, DKI Luncurkan Kartu Lansia Jakarta

:


Oleh G. Suranto, Kamis, 21 Desember 2017 | 11:13 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 733


Jakarta, InfoPublik - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dalam acara Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Pronsi DKI Jakarta 2017 di Monumen Nasional (Monas), Kamis (21/12).

KLJ merupakan salah satu program prioritas kinerja Gubernur 100 hari. KLJ diberikan kepada lansia yang masuk ke dalam Basis Data Terpadu (BDT) untuk kategori Desil 1.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan, momentum HKSN ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki jiwa sosial dan sikap gotong royong. “Sekarang masih kita saksikan ada sebagian dari kita kurang beruntung. Ahamdulillah sebagian sudah ditingkatkan kesejahteraannya,” kata Anies saat membuka acara peringatan HKSN tersebut.

Disebutkan, tugas negara adalah memastikan tidak ada orang terlantar hingga warga yang kurang sejahtera. Di sana negara harus hadir. Maka dari itu, Pemprov DKI Jakarta bukan hanya membangun fisik semata, namun turut serta membangun warganya termasuk mereka yang kurang beruntung.

“Saya meminta review. Subsidi yang bertahun-tahun diberikan dan sempat tersendat akan dikembalikan,” katanya.

Pihaknya juga memastikan subsidi yang diberikan bukan untuk dijadikan zona nyaman. Tapi untuk membukakan pintu untuk mandiri dan berkembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrakhon mengemukakan, pada peluncuran KLJ ini, diawal tahun 2018 akan diberikan sebanyak 14.520 lansia. “Pemberian Bantuan Program KLJ bekerjasama dengan Bank DKI sebagai penyalur. Besaran bantuan diberikan sebesar Rp. 600.000 per bulan selama satu tahun,” ujar Masrokhan.

Ia menambahkan, bagi lansia kategori Desil 1 yang belum terdaftar di BDT dapat melakukan pendaftaran di kelurahan setempat. Namun untuk memastikan program ini berjalam maksimal, pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi secara berjenjang dan berkala per triwulan kepada lansia penerima.

“Peserta HKSN dihadiri oleh undangan dan lansia sebanyak 4.500 orang. Kami juga berikan 500 kacamata baca, kursi roda, kaki dan tangan palsu, dan hiburan penampilan para lansia,” ungkapnya.