Kabupaten Banjar Miliki Pasar Kuliner Khas Banjar

:


Oleh MC Banjar, Kamis, 28 Desember 2017 | 15:03 WIB - Redaktur: Tobari - 642


Martapura, InfoPublik – Bagi para pecinta kuliner khas Banjar, tak sah apabila tidak mencoba lezatnya kuliner yang dijual di Kampung Kuliner Khas Banjar, Kampung Pekauman. 

Kampung kuliner yang terletak di Kecamatan Martapura Timur tersebut, diresmikan oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman sebagai Pasar kuliner Khas Banjar, Kamis (28/12).

Pasar kuliner khas banjar ini merupakan hasil prakarsa dari dinas kebudayaan dan patiwisata Kabupaten Banjar. Kampung Pekauman Ulu ini memiliki perekonomian yang unik,  karena sebagian besar masyarakatnya merupakan produsen kue tradisional, seperti halnya produsen kue bolu H Enong yang sudah sangat terkenal.

Dinas kebudayaan dan patiwisata Kabupaten Banjar menjadikan kampung Pekauman Ulu sebagai destinasi wisata kuliner baru, sehingga dapat mendukung wisata susur sungai di Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar saat meresmikan pasar kuliner khas Banjar tersebut menyampaikan apresiasinya atas kehadiran gazebo pasar kuliner khas Banjar ini. 

Bupati berharap dengan adanya pasar kuliner ini, dapat memacu aktivitas ekonomi masyarakat kawasan kampung Pekauman Ulu sehingga pada gilirannya mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Martapura timur dan sekitarnya.

Bupati meminta masyarakat membantu dalam mensosialisasikan keberadaan pasar kuliner khas Banjar ini. Pasar kuliner khas Banjar ini buka setiap hari dari pukul 07.00 pagi hingga malam hari .

Usai sambutan Bupati Banjar, Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar H. Raudhatul Wardiah Khalilurrahman disaksikan Bupati, melakukan pemotongan rangkaian melati, sebagai simbol telah resminya pasar kuliner khas Banjar di kampung Pekauman Ulu, dilanjutkan dengan peninjauan para pedagang kue yang mengisi gazebo.

Bupati dan para pejabat yang hadir di antaranya Sekda Banjar H Nasrunsyah, serta para kepala SKPD dan para camat, mencoba mencicipi makanan yang dijajakan di pasar kuner tersebut.

“Rasanya makanan yang dijual di sini enak dan lezat, rugi kalau anda tidak datang dan mencoba kuliner ke sini,” komentar Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupatenm Banjar, Farid Soufian. (MC-Kab.Banjar/umar/dani/toeb)