Lampung Timur, InfoPublik – Melihat kondisi jalan mataram yang berlubang serta membahayakan bagi pengguna jalan, warga Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur secara sukarela adakan kegiatan gotong royong menambal jalan yang berlubang menggunakan material batu, pasir, dan semen, Sabtu (10/03).

Kepala Desa Tanjung Kesuma Sugianto HS.  Mengatakan, Jalan Mataram ini merupakan salah satu jalan penghubung antara jalan Bungur Raya dengan jalan lintas timur sumatera dan merupakan akses menuju obyek wisata desa embung Tirta Kesuma.

Menurutnya, selain kondisi tanah sangat labil, karena adanya di sisinya aliran air, munculnya lubang-lubang di Jalan Mataram juga disebabkan oleh banyaknya kendaraan dengan tonase berlebih yang memilih melalui jalan tersebut, padahal jalan tersebut bukan diperuntukkan bagi kendaraan dengan tonase besar. 

Alasan lain kenapa banyak truk-truk yang melalui jalan mataram adalah dikarenakan jalan Bungur Raya di sepanjang perbatasan antara Kecamatan Purbolinggo dengan Kecamatan Way Bungur mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga para pengendara lebih memilih menggunakan jalur alternatif jalan mataram imbuh Kepala Desa Tanjung Kesuma tersebut.

Ngatemin, salah satu warga yang turut serta dalam kegiatan gotong royong juga menyampaikan, dirinya bersama warga Desa Tanjung Kesuma khususnya Dusun VI ini secara sukarela mengumpulkan batu, pasir serta semen untuk digunakan menambal lubang serta memperbaiki gorong-gorong yang jebol

“Kami tidak ingin kondisi jalan menuju obyek wisata yang jadi kebanggaan desa kami jadi terhambat. Kami berharap agar para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata kami dapat leluasa dan nyaman ketika melewati jalan mataram ini serta tidak was-was akan ada lubang yang lebih besar lagi," paparnya.(A.Khusaini/Kus)