Kayong Utara, InfoPublik - Senin (12/03), satu Individu Orangutan (Pongo Pygmaeus) bernama Tomang, berhasil dilepas liarkan oleh Tim Gugus Tugas Evakuasi Penyelamatan TSL, Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang (BKSDA), YIARI Ketapang, Yayasan Palung, dan TNG, di Desa Batu Barat, Dusun Matan Raya, Kec Simpang Hilir, Kayong Utara.

Hal itu terkait sebelumnya Tomang telah dievakuasi dari Dusun Semanjak, Desa Benawai Agung, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara,karena memasuki kebun milik warga.

Badan Konservasi Sumber Daya Alam(BKSDA) Resort Sukadana, mendapat laporan dari warga tentang adanya satu individu orangutan yang kembali memasuki kebun warga di Dusun Semanjak, Desa Benawai Agung, Kayong Utara.

Menanggapi laporan tersebut, pihak BKSDA segera berkordinasi ke tim Iyari ketapang dan tim terkait, untuk melakukan monitoring dan tindakan penyelamatan terhadap orangutan yang di beri nama Tomang, dengan bobot kurang lebih 55 kg, dan berumur kurang lebih 20 th,,

Di katakan kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah 1 sukadana Bambang Hari Trimarsito, Monitoring terhadap satwa tersebut di lakukan mulai dari hari senin, 05 Maret sampai dengan Minggu 11 Maret 2018 oleh petugas Bksda, Tngp dan Yiari,,

"Setelah dapat laporan dari warga, Senin (5/3) sampai dengan (11/3), kita melakukan monitoring bersama tim Yiari,Bksda dan Tngp" urainya.

Di lanjutnya "Kemudian Pada Senin tanggal 12 Maret 2018 pukul 06:33 WIB Orangutan tersebut diungsikan oleh petugas Yiari dan akan di translokasi ke kawasan Taman Nasional Gunung Palung, (Sungai Kubang) di Desa Batu Barat, Dusun Matan Raya, Kec. Simpang Hilir, Kab. Kayong Utara,," ujar pria tinggi semampai tersebut.

Bambang berharap kepada masyarakat yang menjumpai dan menemukan orangutan, agar dapat segera melaporkan ke pihak terkait,,"Ke depan jika masyarakat  menemukan atau melihat ada orang utan di sekitarnya untuk segera melaporkan kepada pihak terkait." tuturnya. (MC. Kayong Utara,Norita,zal,Ridwan/Eyv)