Jakarta, InfoPublik -  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mendukung pengembangan Bandara TNI AU Abdul Rachman Saleh Malang menjadi Bandara Internasional guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, khususnya di bidang pariwisata.

“Pada prinsipnya, saya mendukung rencana pemerintah Kabupaten Malang dalam hal peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang pariwisata, karena hal tersebut sejalan dengan program pemerintah pusat," kata Hadi saat menerima Bupati Malang Rendra Kresna, beserta Staf, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (13/3).

Terkait rencana pengembangan Bandara Abdul Rachman Saleh menjadi bandara internasional,  Panglima TNI mangajak pemerintah Kabupaten Malang untuk melakukan kajian secara bersama. “Mari kita sama-sama melakukan kajian dan membuat perencanaan untuk disinkronisasikan agar menghasilkan kajian yang optimal, sehingga kepentingan TNI dan pemerintah daerah dapat terakomodasi dengan baik dalam rangka mewujudkan pembangunan ekonomi nasional,” katanya.

Sementara Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan pemkab akan mengembangkan Kabupaten Malang dalam mendukung peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, khususnya di bidang pariwisata.

Disamping itu, Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak spot atau tempat wisata khususnya di daerah sekitar Bandara Abdul Rachman Saleh, sehingga dengan pengembangan bandara tersebut maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Malang adalah dengan pengembangan Bandara Abdul Rachman Saleh yang saat ini berstatus Pangkalan Militer TNI Angkatan Udara menjadi bandara internasional,” kata Rendra.

Menurutnya, pengembangan Bandara Abdul Rachman Saleh menjadi bandara internasional pernah disampaikan pemerintah Kabupaten Malang kepada Presiden RI Joko Widodo pada 2017. “Wilayah Malang Raya selalu kondusif berkat kebersamaan antara TNI dengan rakyat, diharapkan dengan pengembangan bandara tersebut akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik ke Kabupaten Malang dan sekitarnya,” tuturnya.