Polres Blora Gelar Safety Riding Bagi Pengemudi Ojek Online

:


Oleh MC KAB BLORA, Minggu, 18 Maret 2018 | 10:10 WIB - Redaktur: Tobari - 453


Blora, InfoPublik - Satuan Lalu Lintas Polres Blora meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kedisiplinan dalam berkendara bagi para pengendara Grab (ojek online), dengan melaksanakan program preemtif Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018 di Kabupaten Blora, Sabtu (17/3).

Dalam kegiatan safety riding yang digelar di halaman belakang Polres Blora ini, puluhan pengendara ojek online (Grab)  diharapkan lebih mengerti dan memahami akan cara bagiamana berkendara yang baik dan benar. Kegiatan ini juga untuk melatih masyarakat mewujudkan kedisplinan dan keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

Pembinaan dan penyuluhan disampaikan langsung oleh Iptu Yoga Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Blora, di antaranya  terkait hal-hal yang mengakibatkan kefatalan dalam berkendaraan yang berujung pada laka lantas. Ia juga menjelaskan pentingnya etika berlalu lintas di jalan raya.

Selain itu, para pengendara Grab dibekali tentang tata cara berkendara yang baik dan benar dengan mengutamakan keselamatan serta dibekali cara persiapan sebelum berkendara, cara menghindar dan cara membonceng yang benar.

Selanjutnya, para peserta dipersilakan untuk mengendarai sepeda motor dengan lintasan yang sudah dipersiapkan anggota Sat Lantas Polres Blora. Lintasan tersebut sama seperti halnya dalam ujian praktek SIM C yakni Zig-Zag, putar angka delapan, berbalik arah leter U dan pengereman atau menghindar.

Kanit Dikyasa Iptu Yoga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan mengingat ojek online di Kabupaten Blora sudah banyak peminatnya. 

Jadi pembekalan pengetahuan safety riding bagi para pengendara Grab ini sebagai upaya pembekalan pengetahuan dari Sat Lantas Polres Blora cara berkendara yang baik dan benar, dengan tujuan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas akibat kelalian atau pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi.

“Kecelakaan lalu lintas moyoritas di dominasi pengendara sepeda motor, dengan adanya kegiatan sosialisasi dan safety riding ini sangat penting sebagai langkah edukasi, tujuannya mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya,” jelasnya. (MC Kab. Blora/Teguh/toeb).