Wali Kota Banda Aceh Sambut Baik Aplikasi Suwarga

:


Oleh MC KOTA BANDA ACEH, Jumat, 23 Maret 2018 | 07:52 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 363


Banda Aceh.InfoPublik – Aplikasi Suwarga merupakan aplikasi pengaduan masyarakat berbasis website yang lebih terperinci dengan laporan berupa foto dan lokasi kejadian, aplikasi ini dapat digunakan dengan mengakses website suwarga.bandaacehkota.go.id, dan aplikasi suwarga ini sendiri dibuat oleh dishubkominfo di tahun 2015.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Smart City, Drs Rahmad Kadafi,MM dihadapan Walikota Banda Aceh  Aminullah Usman,  di Aula Madani Center Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh. Kamis, (22/3).

Menurut Kadafi, melalui Tenaga IT Bidang Smart City mengusulkan perubahan tampilan Aplikasi dan juga dibuatnya Suwarga versi Android (Smartphone), hal ini agar mempermudah pengaduan masyarakat dan dapat diakses dengan baik.

“Jika melalui website, Aplikasi Suwarga dapat diakses melalui Alamat website http://suwarga.bandaacehkota.go.id  dengan cara melakukan regristrasi untuk membuat akun Login, lalu masuk dengan akun yang telah dibuat, kemudian upload foto yang ingin dilaporkan dan pilih lokasi kejadian, Pilih Kategori dan Tulis deskripsi laporan,” ungkap Kadafi.

Sedangkan melalui mobile bisa diakses dengan cara mendownload Aplikasi Suwarga di Google Playstore, kemudian melakukan registrasi jika belum mempunyai akun Login/masuk jika sudah memiliki akun, Klik logo kamera dan foto untuk membuat laporan, lokasi akan otomatis dideteksi oleh smartphone, pilih Kategori dan Tulis deskripsi laporan.

Kadiskominfotik, Bustami melalui Sekretaris Saiful Azmi mengatakan, Diskominfotik telah memiliki sebuah aplikasi Suwarga dengan tujuan menampung aspirasi warga kota Banda Aceh dan dalam waktu dekat akan melalukan pelatihan bagi admin Suwarga.

Wali kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyambut baik aplikasi Suwarga dan berharap agar segera disosialisasikan kepada masyarakat. Menurut Walikota ini merupakan cara mudah bagi warga menyampaikan masalah dengan cara yang mudah dan cepat.

“Saya berharap agar apliaksi Suwarga ini segera difinalkan dan dilanjutkan, kita harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, sementara terkait kendala SDM akan kita carikan solusi sesuai dengan kebutuhan,” urainya.

Walikota Banda Aceh berharap hendaknya aplikasi ini segera mungkin dijalankan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait aplikasi suwarga.

“Saya berharap agar aplikasi ini segera berjalan dan nanti akan kita edukasi kepada masyarakat agar masyarakat sesudah ada suwarga mereka harus tahu bagaimana memanfaatkan dan bagaimana pentingnya informasi itu bagi kami,”ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut Walikota Banda Aceh ikut didampingi Sekretaris Diskominfotik, Saiful Azmi, Asisten III, Tarmizi Yahya, Kabag Humas serta sejumlah pejabat lainnya.(MC.Kota Batam/Eyv)