Pemuda dan Pemudi Sumatera Barat Ikuti Seleksi Program PPAN 2018

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Senin, 9 April 2018 | 10:09 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 693


Padang, Info Publik - 160 pemuda/pemudi yang lolos tes administrasi, mengiikuti tahap selanjutnya seleksi program Pertukaran Pemuda Antar Negara ( PPAN ) Tahun 2018, Sabtu (7/4), di Gedung Kwarda 032 Provinsi Sumatera Barat, Jalan Pramuka, Padang.

Kegiatan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda tersebut, dibuka secara resmi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, H.Priadi Syukur, di damping Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda, Hj. Yulfina.   

"Pemuda merupakan komponen penting yang menentukan perjalanan dan penerus cita-cita kemerdekaan bangsa, karena itu pemerintah gencar mengirim pemuda pemudi terbaik ke luar negeri melalui berbagai program, salah satunya PPAN,’’ urai Priadi Syukur.

Lebih lanjut dikatakan, selain sebagai media membentuk pemuda Indonesia yang berwawasan global, program PPAN juga sebagai jembatan diplomasi jangka panjang yang menghubungkan Indonesia dengan negara- negara mitra pertukaran.

“Kita berharap wakil-wakil Sumbar yang diutus nanti merupakan pemuda- pemudi pilihan, untuk itu peserta agar dapat menjalani seleksi dengan maksimal sehingga menjadi yang terbaik nanti, dan pastinya peserta yang terpilih merupakan hasil dari kemampuan sendiri, bukan dari bantuan pihak lain,’’ tuturnya.

Ketua Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sumatera Barat, Hendri Ilyas, M.APP.I, sangat mengapresiasi pemerintah dalam mengangkat kegiatan PPAN, karena secara langsung kegiatan ini sangat membantu pemuda dalam mengembangkan dan menimba ilmu dari sesama peserta antar negara. Kedepan kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan kualitas serta utusan yang lebih banyak dari tahun sebelumnya.    

Panitia Pelaksana, Kepala Seksi Peningkatan Wawasan dan Kapasitas Pemuda, Zuriyatma, melaporkan, untuk PPAN Tahun 2018 ini, Pemerintah Sumatera Barat hanya mengirim 3 utusan, masing–masing 1 orang ke negara mitra pertukaran. Untuk menentukan pemuda yang mewakili Sumbar nanti, panitia pelaksana melakukan seleksi.

Sedangkan rangkaian seleksi yang dilalui peserta antara lain, seleksi administrasi tanggal 26- 27 Maret di Dispora Sumbar, pelaksanaan seleksi tertulis tanggal 7 April di Kwarda 032 Sumbar, dan seleksi wawancara, penampilan bakat seni dan budaya, serta pantukir tanggal 13-15 April, bertempat di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Jalan S. Parman Padang.

‘’Tim seleksi berasal dari tokoh pemuda Sumatera Barat, Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sumatera Barat, dan psikolog. Sementara materi yang diberikan nanti yakni pemberdayaan pemuda/masyarakat, bidang agama/karakter, bidang psikolog. kepribadian, Bahasa Inggris, kemampuan komunikasi, bidang seni budaya dan bidang akademik/tes potensi akademik serta pantukir oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat,’’ terang Zuriyatma.

"Sementara sasaran program PPAN 2018 ini antara lain, Indonesia-Jepang, satu orang putri, Indonesia–Australia, satu orang putra, dan Indonesia–Korea Selatan satu orang putri,’’ tambahnya. (Dispora Sumbar/eyv)