Kubu Raya, InfoPublik - Intensitas hujan yang turun di wilayah Kubu Raya dalam sepekan terakhir mengakibatkan beberapa wilayah yang dilintasi oleh aliran sungai banjir, dan banjir besar terjadi di Sungai Asam dan Sungai Bulan yang mengakibatkan jembatan di wilayah tersebut terputus.

 Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas PUPR Kubu Raya Encep Mulyadi didampingi Kepala Bidang Bina Marga Erwin Renaldi langsung turun kelapangan bersama tim untuk memastikan keadaan dilapangan dan tindakan yang akan segera dilakukan.

"Jadi, kita dapat laporan tadi pagi, kita langsung bentuk tim untuk kita sama-sama turun ke lapangan. Kita harus pastikan dulu keadaan di lapangan yang sebenarnya agar kita dapat menyusun rencana kerja dan tindakan penanganan sementara," ujar Encep, Senin (16/4)

Encep mengatakan, untuk hari ini, baru dapat dilakukan peninjauan ke Sungai Asam. Karena lokasinya sangat jauh, sehingga tidak cukup waktu untuk mengejar ke wilayah Sungai Bulan. Encep mengatakan, Sungai Bulan akan dilakukan peninjauan besok bersama tim penuh sehingga dapat langsung dilakukan tindakan penaganannya.

"Hari ini kita di Sungai Asam dulu, dan kita sudah cek serta kita akan segera bangun dulu jembatan darurat," kata Encep Mulyadi saat meninjau jembatan yang roboh terbawa arus sungai di Sungai Asam.

Sehingga tidak menggangu aktifitas masyarakat. Demikian juga nanti yang ada di Sungai Bulan, namun besok kita akan pastikan apa saja tindakan yang harus segera kita dilakukan disana. Intinya tidak menghambat aktifitas warga, jembatan sementara akan segera kita bangun, sambil menyusun rencana pembangunan jembatan baru baik Sungai Asam maupun Sungai Bulan.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Rusman Ali, saat mendengar informasi tersebut juga langsung meminta instansi terkait segera lakukan tindakan penanganan, sehingga tidak mengganggu aktifitas masyarakat.

"Ini kan bencana, karena curah hujan yang tinggi sebabkan debit air tinggi akhirnya menghanyutkan beberapa jembatan kita. Kita akan segera bagun jembatan darurat," ujarnya.

Rusman Ali meminta agar masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai juga dapat berhati-hati dan waspada. Dengan tingginya curah hujan saat ini. Agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan baik materi maupun non materi masyarakat. (MC KubuRaya/ird/toeb)