Menpar Arief Yahya Apresiasi Promosi Pariwisata KBRI Venezuela

:


Oleh Untung S, Selasa, 17 April 2018 | 07:38 WIB - Redaktur: Juli - 450


Jakarta, InfoPublik - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Venezuela. Desain logo Wonderful Indonesia dan gambar penari Bali tampil di kereta bawah tanah di Kota Caracas, Venezuela.

“Terima kasih KBRI Venezuela!” sebut Menpar Arief Yahya yang dimention ke Duta Besar Lufhfie Witto’eng, Senin (16/4).

Inilah bentuk konkret dari spirit Indonesia Incorporated yang sejak 3 tahun silam disampaikan Menpar Arief Yahya. Bahkan sebelum berangkat tugas ke negara-negara, Arief Yahya sudah berpesan ke para duta besar, menitipkan promosi pariwisata Indonesia. 

Kementerian Pariwisata, lanjut mantan Dirut PT Telkom ini, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kreativitas KBRI Venezuela. Apalagi ada 2 juta orang yang lalu lalang melalui 4 lines dan 22 stasion di Metro Caracas itu. 

Memang, dengan keterbatasan budget, Kemenpar harus berkolaborasi mengajak seluruh KBRI untuk bersama-sama promosi. Kemenpar fokus berpromosi di negara-negara pasar utama, seperti China, Singapore, Malaysia, Australia, India, Jepang, Korea, beberapa negara di Eropa Amerika dan Timur Tengah. 

Negara-negara yang jauh dari 10 Top Originasi, Menteri Arief Yahya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Baik instansi pemerintah, maupun swasta, diaspora dan pelajar mahasiswa di seluruh dunia. “Karena kalau kita kompak, solid, bergerak bersama, berpromosi pariwisata bersama, maka bangsa ini akan cepat dikenal di seluruh penjuru dunia. Sekali lagi, terima kasih KBRI Venezuela,” jelasnya. 

Ketiga, kerja sama kreatif yang dilakukan KBRI dengan lembaga atau instansi di negara tempat mereka bertugas itu penting, untuk membuka kerjasama TTI (Tourism Trade Investment ke Indonesia. Tourism atau pariwisata adalah pintu pembuka kerjasama yang ideal. Semoga di negara lain, akan banyak kerjasama KBRI yang bermanfaat buat bangsa Indonesia. 

Kereta bawah tanah Metro Caracas itu cukup populer dan menjadi sarana transportasi publik sejak tahun 1983. Metro Caracas memiliki 22 stasiun yang menghubungkan Caracas barat dan timur.

Pemasangan logo dilakukan Jumat (13/4) waktu setempat oleh KBRI Caracas disaksikan Wakil Menteri Pariwisata Venezuela Ali Ernesto Padron Paredes, Presiden Metro Caracas Mayor Jenderal Cesar Vega, serta pejabat Kemlu dan Kementerian Kebudayaan Venezuela. Wamen Pariwisata menyatakan, kerja sama pariwisata antara Indonesia dan Venezuela bisa terwujud. 

"Metro Caracas bangga sudah memberikan ruang promosi budaya dan pariwisata Indonesia dalam upaya meningkatkan hubungan kedua negara," ungkap Presiden Metro Caracas Cesar Vega yang dikutip media. 

Adapun promosi wisata ini bergambar tari Bali, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pulau Komodo, Taman Laut Bunaken dan lainnya. Promosi ini akan berlangsung hingga 3 bulan ke depan. Salam Pesona Indonesia.