H-4, 28 Perguruaan Tinggi se-Sumatera Siap Ikuti Kontes Robot

:


Oleh MC PROV RIAU, Rabu, 25 April 2018 | 08:54 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 208


Pekanbaru, InfoPublik - Hingga tanggal 24 April 2018, atau H-4 pelaksanaan Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 1 Sumatera, sebanyak 28 Perguruan Tinggi se-Sumatera menyatakan siap dan telah mendaftar untuk turut berpartisipasi pada kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 26-28 April 2018 di Gedung Olah Raga (GOR) Tribuana Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Demikian pernyataan itu disampaikan oleh Seketaris Panitia Kontes Robot Indonesia Tahun 2018 Prof Dr Zuchra Helwani.

“Hingga hari ini, sebanyak 28 Perguruan Tinggi di Sumatera yang terdiri  atas 52 grup yang telah mendaftar dan menyatakan siap bertanding dalam KRI 2018 Regional 1 Sumatera. Seluruh peserta ini akan berkumpul pada hari Jumat, 27 April 2018 untuk mengikuti Technical Meeting,” jelas Zuchra, Selasa (24/4) di Pekanbaru.

Dijelaskan, pada kontes robot ini, ada empat kategori kontes yang akan dinilai oleh dewan juri, yang pertama Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), kedua Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), ketiga Kontes Robot Sepak Bola Beroda Indonesia (KRSBBI) tipe Beroda, dan keempat Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Sebelumnya, KRI ini merupakan event nasional yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk khusus untuk pelaksanaan Kontes tingkat regional dan Kontes tingkat Nasional. Untuk Regional 1 bagian Sumatera, Universitas Riau (Unri) diberikan kepercayaan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggarakan KRI 2018 untuk Regional 1 Sumatera ini.

“Kontes Tingkat regional akan diselenggarakan pada empat wilayah regional, KRI 2018 Regional 1 Sumatera ini diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Regional di empat wilayah yaitu Semarang, Riau, Surabaya, dan Bandung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tim Pemenang dan Sejumlah Tim Peserta terbaik dari keempat Kontes Regional ini, selanjutnya akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Nasional KRI-2018 yang akan berlangsung di Institut Teknologi Surabaya (ITS) pada tanggal 28 Juni-1 Juli 2018 mendatang,” tambah Zuchra.

Zuchra juga menyebut kalau pemenang juara pertama kontes Nasional KRAI-2018 Regional 1 Sumatera, akan ditunjuk untuk mewakili Indonesia dalam ABU Robocon 2018 yang dilaksanakan di Ninh Binh, Vietnam.

"Sementara Pemenang Juara Pertama kontes Nasional KRPAI-2018 akan ditunjuk mewakili Indonesia dalam Kontes robot “Trinity College International Robot Contest” di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Pemenang Juara Pertama Kontes Nasional KRSBBI 2018, akan ditunjuk mewakili Indonesia dalam Kontes Robot International ROBOCUP di Canada,”sambungnya mengakhiri. (MC Riau/mad/eyv)