Kepala Daerah Harus Sering Kunjungi Layanan Dukcapil

:


Oleh Eko Budiono, Jumat, 27 April 2018 | 11:06 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 634


Jakarta,InfoPublik-Seluruh kepala daerah diimbau  memperhatikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), dengan  cara sering menengok dan mengunjunginya, agar  pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) berjalan dengan baik.

“Saya mohon izin minta tolong Pak Bupati, Pak Walikota, Pak Wakil, Bapak sering tengok-tengok Dukcapilnya,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  Zudan Arief Fakrulloh, usai acara Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/4).

Zudan meminta agar kantor kependudukan dibuat senyaman mungkin, agar masyarakat yang ingin dilayani merasa betah. "Jadi saya minta tolong kantornya dibaguskan, layanannya juga dibaguskan" tegasnya.

Dia menambahkan, perhatian kepala daerah sangat penting,  untuk meningkatkan kinerja dinas kependudukan.

"Pelayanan Dukcapil yang baik untuk menunjukkan kehadiran negara. Ini cermin kehadiran negara (melalui) Puskesmas, rumah sakit, Dukcapil. Katakanlah saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya, kalau kantor Bappeda jelek itu tak apa-apa, karena itu tidak ngurusin rakyat secara langsung" ungkapnya.

Intinya, kata Zudan,  semua kantor pemerintahan memiliki penampilan yang bagus dan didukung  pelayanan yang sama baiknya. "Kehadiran negara harus ditunjukkan melalui pelayanan publik," pungkasnya.