Tari Cendrawasih Hipnotis Pengunjung Inspiratif Expo

:


Oleh MC PROV NUSA TENGGARA BARAT, Senin, 30 April 2018 | 10:17 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 1K


Mataram, InfoPublik - Tari Cendrawasih menghipnotis pengunjung Inspiratif Expo Diskominfotik Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (29/4/2018). Tari Cendrawasih mengisahkan tentang sepasang burung cendrawasih yang tengah dimabuk cinta. Dibalut dengan pakaian tradisional berwarna cokelat tua, warna keemasan,  selendang berwarna kuning cerah, serta mahkota bak burung cenderawasih, I Nyoman Indira Citra Devi dan Ida Ayu Swastika dua siswi asal SMAK Kesuma Mataram tampil memukau. 

Saat tarian asal Bali yang telah ada sejak tahun 1920 ini dimulai,  para penonton langsung membludak mengerubungi panggung seolah-olah telah terhipnotis oleh tiap gerakan gemulai dari Indira dan Ayu. Tak mengherankan, konon Indira sudah menari sejak masih berumur 3 tahun. Sedangkan Ayu, rekannya, mulai berkenalan dengan dunia tari sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. Belajar tari sejak kecil, membuat kedua siswi cantik ini meraih segudang prestasi di bidang tari.  Ayu mengaku telah banyak mengikuti lomba tari dan memenangkan beberapa penghargaan. 

"Waktu itu ikut Lomba Festival Kesenian di Taman Budaya Mataram dan dapat juara dua. Pernah juga ikut Lomba Tari WDO dan juara Tiga," jelasnya. 

Tak jauh berbeda dengan Ayu, Indira yang memerankan cenderawasih jantan dalam tarian ini meski jarang mengikuti lomba tari tetapi sering diundang tampil di acara-acara baik formal maupun nonformal. "Saya sering diundang menari di acara gubernuran, walikota, atau acara-acara pernikahan," tutur Indira. 

Ida Ayu Nyoman Tirte, Guru Seni Budaya SMAK Kesuma Mataram yang melatih Ayu dan Indira pun mengaku sangat mudah melatih kedua muridnya tersebut. Ia mengaku tidak membutuhkan waktu lama bagi Ayu dan Indira untuk menghafal dan menampilkan satu tarian. "Kedua murid saya ini memang sangat bertalenta hingga saya sama sekali tidak kesulitan membimbing mereka," jelasnya. 

Pengunjung Inspiratif Expo, Astrin Winda Audya mahasiswa ekonomi UIN mataram yang baru pertama kali menyaksikan Inspiratif Expo dan disuguhkan banyak penampilan menarik ini. "Tari Cendrawasih ini hampir buat saya ndak kedip-kedip saking bagusnya. Penarinya kompak sekali. Indah pokoknya," tutur Astrin. 

Tidak hanya menampilkan tari Cendrawasih, Inspiratif Expo juga menampilkan beat box yang dibawakan oleh Balian dari serta tari modern yang dibawakan oleh Ida Ayu Putu Yuna Pratiwi dan Saprila Anggini dari SMAN 8 Mataram. (MCNTB/Vira)