Kabupaten Enrekang Masih Kekurangan Armada Sampah

:


Oleh MC KAB ENREKANG, Rabu, 16 Mei 2018 | 11:04 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 967


Enrekang, InfoPublik - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan masih kekurangan armada truk pengangkut sampah. Hal ini menyebabkan sejumlah kecamatan mengalami keterlambatan penjemputan sampah karena harus antri menunggu giliran.

Kepala Seksi Pengolahan Persampahan DLH Enrekang, Nur Aisiah mengungkapkan saat ini baru ada 12 armada truk pengangkut sampah yang beroperasi di Kabupaten Enrekang. Dari jumlah tersebut, tujuh armada diantaranya ditempatkan beroperasi di Kota Enrekang, sementara sisanya ditempatkan di beberapa Kecamatan.

“Sebenarnya pihaknya selalu mengusulkan untuk adanya penambahan armada truk pengangkut sampah tiap tahunnya, namun keterbatasan anggaran membuat penambahan truck sampah harus bertahap”  kata Nur Aisiah usai meninjau TPA sampah Enrekang, Senin (14/5/2018).

Untuk itu, lanjutnya, setiap tahun yang diakomodir hanya satu sampai dua armada, itu lantaran harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah, sebab satu armada itu butuh anggaran Rp400 juta belum biaya operasionalnya dan honor personil.

Meskipun begitu pihaknya ditegaskan Aisiah tetap berupaya agar layanan pengangkutan sampah bisa tetap berjalan optimal. (McEnrekang/TR)