BMKG: Tiga Hotspot Terpantau di Riau

:


Oleh MC PROV RIAU, Selasa, 15 Mei 2018 | 08:41 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 229


Pekanbaru, InfoPublik - Seperti diprediksi sebelumnya, bulan Mei sudah mulai memasuki musim kemarau. Untuk itu, langkah antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tetap perlu menjadi perhatian.  

Hal ini menjadi perhatian, karena hotspot mulai menghampiri dalam beberapa hari terakhir. Seperti hari ini Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi delapan hotspot membayangi beberapa daerah di wilayah Sumatera. 

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan, hotspot memang terpantau di beberapa daerah. Dimana dari 8 hotspot yang terdeteksi di Sumatera, tiga di antaranya ada di Riau.

Dari hotspot tersebut, di Provinsi Aceh terdeteksi 3 hotspot dan Sumsel 2 hotspot. Untuk di Riau juga terdeteksi 3 hotspot. Untuk di Riau, hotspot tersebar di 2 daerah, di Kampar 2 hotspot dan Siak 1 hotspot.

Kendati demikian, BMKG Stasiun Pekanbaru, memperkirakan sejumlah daerah di Riau juga berpotensi diguyur hujan. Mulai dari intensitas curah hujan ringan, hingga sedang.

Potensi hujan diprediksi turun di Kabupaten Rohil, Rohul, Bangkalis, Pekanbaru, Inhil dan Dumai dan Inhil. Pada malam hari nanti, perkiraan hujan dengan intensitas ringan juga terjadi di Bengkalis dan sebagian Inhil. 

Untuk suhu udara masih di angka 23- 34 derajat celcius. Tingkat kelembaban 50-95 persen. Arah angin bertiup dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 09-27 kilometer per jam.(MC Riau/mz/eyv)